Trip to Derawan (part 3)

Day 3 (Minggu, 13 November 2011)

Seperti biasa, kami membuka pagi menanti sunrise di dermaga. Selesai sarapan, sambil ngisi waktu kami melakukan permainan-permainan ala kampung yang biasa dimainkan anak-anak antara lain gobak sodor. Hari ini beberapa teman: Untung, Uli, Mbak Dwi, Mas Trias dan Rani akan diving seharian di luar Pulau Derawan. Untuk diving di luar pulau Derawan hanya diperbolehkan untuk yang sudah punya diving lisence, sedangkan untuk yang gak ber-lisence hanya bisa diving di sekitar pulau Derawan saja.

Sementara saya dan lainnya menghabiskan waktu dengan snorkeling di area dekat dermaga. Meskipun hanya snorkeling di dekat dermaga, pemandangan di bawah sana cukup menakjubkan..hard coral,soft coral,bintang laut, ikan warna warni dengan berbagai ukuran. Belum lagi laut yang bersih sehingga bisa menyaksikan bawah laut dengan jelas. Bahkan saya bisa menyaksikan schooling fish di bawah dermaga. Saya, Aang, Septi, Yani, Mas Hendro, Mbak Sari, Mas Jo, Ribut sempat berenang agak jauh untuk bertemu dengan penyu. Lumayan jauh kita berenang sampai hampir menuju ke dermaga lainnya dan beberapa kali menyaksikan penyu di dalam laut sana dengan diameter lebih dari 1m. Sempat mengejar si penyu tapi berhubung penyu berenang jauh lebih cepat dari kita ya akhirnya gak kekejar juga..

Setelah capek snorkeling, kami kembali ke homestay untuk makan siang. Selanjutnya, kami ke dermaga dan naik speedboat untuk menuju ke coral garden dan Pulau Gusung. Ternyata pemandangan bawah laut coral garden bener2 indah. Koral-nya beragam dari warna dan ukuran. Bahkan ada yang ukurannya sebesar meja. Dan bisa dinikmati hanya dengan snorkeling di permukaan laut, gak perlu sampai ke dalam2. Pantes lah kalo spot ini disebut coral garden, bener2 seperti taman di dalam laut.

Sedangkan pulau Gusung ini hanya berupa hamparan pasir putih di tengah laut dengan bentuk memanjang seperti ‘membelah’ laut. Gusung pasir terbentuk jika air laut sedang surut. Di gusung pasir ini, agenda utama kami adalah photo session dengan dress code:bunga-bunga..Keasikan foto2 sampe muka + kulit jadi gosong :). Karena kata Mas Maliq sebentar lagi laut pasang dan pulau akan tenggelam, kami pun cepat2 naik ke boat dan menyudahi sesi foto-foto ini.

Kami tiba kembali di dermaga kayu pulau Derawan. Selanjutnya, masing-masing dari kami punya kegiatan yang beda2. Ada yang main voli di lapangan Derawan Dive Resort, ada yang sekadar istirahat di homestay, ada yang jalan2 di sekitar daratan Derawan. Saya sendiri barengan sama Yani, Mas Hendro dan Sarah mencoba banana boat.

Karena malam ini adalah malam terakhir kami di Derawan, maka semua peserta trip menuju ke dermaga dan tepat tengah malam, kami kasih surprise untuk Rani yang berulang tahun tgl 14. Ternyata selama trip selain saya yang ulang tahun di tanggal 11, ada juga Rani dan Ribut yang ultah di tanggal 14.

Lanjutannya ada di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s