Trip to Derawan (part 4)

Day 4 (Senin,14 November 2011)

Di hari terakhir di Derawan ini saya tidak sempat menyaksikan sunrise. Karena sempat hujan dan jam 9-an kami harus segera ke Tarakan, maka pagi-pagi saya memutuskan untuk segera mandi dan packing (karena kalo agak siang dikit pasti mandinya antriii). Setelah sarapan dan foto2 di depan homestay, kami meninggalkan pulau Derawan menuju Tarakan menggunakan speedboat. Tiba di Tarakan tengah hari, kami mencarter angkot menuju Pasar Tarakan untuk belanja oleh-oleh. Di pasar Tarakan ini barang yang banyak dijual adalah makanan dan minuman kemasan dari Malaysia serta hasil laut seperti ikan dan cumi kering serta terasi. Di pasar Tarakan ini, saya dan beberapa orang sempat makan coto Makassar karena keburu lapar

Dari pasar Tarakan, karena masih ada waktu, kami menuju ke hutan mangrove Tarakan untuk melihat bekantan, hewan sejenis kera berhidung besar yang jadi maskot Dufan. Yah jalan-jalan di hutan mangrove ini bisa dibilang bonus lah..Kami menikmati makan siang di tengah hutan mangrove ini. Setelah itu, kami langsung menuju bandara karena pesawat dijadwalkan terbang jam 17.20 WITA. Kalau ketika berangkat rombongan kami dibagi beberapa kloter, untuk pulangnya kami ber-33 ada di dalam 1 pesawat. Sempat delay sebentar, akhirnya pesawat yang merupakan penerbangan terakhir dari Tarakan hari itu pun take off jam 18 lewat. Sampai di Bandara Sepinggan Balikpapan, rombongan berpisah dengan Mas Maliq, Amri dan Tika yang masih mau extend liburan di Balikpapan. Dan akhirnya kami tiba di bandara Soetta jam 20.30. Salah satu teman kita, Ribut, masih harus melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Dan pulanglah kami ke rumah dengan membawa kenangan masing-masing. Berakhir sudah trip ke Derawan dan siap-siap untuk kembali beraktivitas menghadapi kenyataan hidup di Jakarta#halah

I think trip to Derawan isnโ€™t good, itโ€™s AWESOME!!. Peserta2nya seru dan masing-masing bener2 menjaga attitude agar suasana trip nyaman dan menyenangkan buat semuanya. Jadwal acara juga bisa terlaksana dengan tepat waktu, termasuk jadwal makan 3x sehari yang bener2 teratur banget.

Kepulauan Derawan bener2 recommended buat didatangi. Lautnya bersih. Saking bersihnya, bahkan dari atas dermaga aja bisa keliatan koral2 di dalam lautnya. Semoga keindahannya bisa tetap terjaga. Dan semoga saya bisa kesana lagi ๐Ÿ™‚

Kalopun ada hal yang agak disesali selama trip kemarin adalah saya gak bisa (dan gak berani) diving. Kalo ada kesempatan untuk pergi ke Derawan lagi, saya harus diving. Dan juga kemarin gak sempet nyobain kepiting dandito karena transit di Balikpapan-nya sebentar banget. Saya juga gak bisa mengabadikan bawah lautnya, ngga kepikiran banget sih untuk bawa waterproof case buat kamera ๐Ÿ˜ฆ

Special thanks to OOTers yang udah bikin rusuh ganggu bule2 di Maratua, gangguin ubur2 di Kakaban, berisik di pesawat dan sejuta kehebohan lain. Gak lupa juga thanks to Mas Maliq dan KakabanTrip buat semua bantuan dan kebaikannya. Yang pasti, saya seneng banget bisa melewatkan ulang taun bareng temen2 baru yang menyenangkan di tempat yang keren ini. Sampe ketemu di trip2 selanjutnya..

Info tambahan about Derawan:

Berhubung trip saya ke Derawan ini semua itinerary dan printilannya dibantu banget di-arrange sama Mas Maliq Kakaban Trip (pin 22BB72AC, twitter: @KakabanTrip, email: info@kakabantrip.com) jadi saya tinggal tau beres aja. Jadi maap2 klo infonya kurang lengkap.

  • Harga tiket CGK-BPN-TRK pergi pulang kata Mas Maliq waktu itu dapatnya bervariasi IDR 1200-1500K
  • Untuk menuju ke Derawan dari Pelabuhan Tarakan dan untuk keliling pulau2 sekitar bisa menyewa speedboat, setau saya nggak ada transportasi laut umum menuju ke Derawan. Kapasitas kapal sepertinya beragam, kemarin itu saya pakai kapal yang kapasitasnya bisa sampai 30-an orang.
  • Penginapan banyak terdapat di Pulau Derawan, tinggal pilih mau yang homestay sederhana atau resort di tepi dermaga dengan kamar ber-AC atau mau coba tidur pake sleeping bag di dermaga??Harga penginapannya?saya gak tau..coba aja kontak Mas Maliq yaaa..
  • Untuk makan, di Pulau Derawan banyak terdapat warung-warung makan, sekali makan IDR 15-20K. Atau bisa aja tinggal di homestay yang sekaligus menyediakan makanan (minta dimasakin sama warga setempat)
  • Fasilitas lain di Derawan: toko souvenir, musholla, penyewaan alat snorkeling (1 set google, mask, fin= IDR 50K/hari), dive operator, tempat pijat, penyewaan sepeda.
  • Di pulau Kakaban dan Sangalaki tidak ada penginapan. Di pulau Maratua ada Maratua Paradise Resort yang tarifnya kayaknya sih ratusan US dollar/malam.

Pesan sponsor:

Mau travelling ala backpacker dengan sharing cost yg murmer?yuk ikutan trip2nya OOTers

Mau menjelajah eksotisme pulau2 Indonesia bagian timur?hubungi aja KakabanTrip (ada program mand*r* power buy cicilan 0% nya loh..!)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s