Perpanjang SIM di mobil SIM Keliling

Kali ini saya mau sharing pengalaman saya perpanjang SIM A bulan November taun lalu. Jadi, ceritanya saya memberi kado ulang taun sendiri dengaaann..perpanjang SIM! Qeqeqeq…ya emang masa berlakunya udah mau abis aja kaleee.. Oiya ini saya perpanjang SIM untuk wilayah Bekasi ya..

Kira-kira 3 minggu sebelum masa berlaku SIM saya habis, saya telpon ke Polres Bekasi untuk menanyakan jadwal mobil SIM keliling pada bulan itu ada dimana aja. Saya mau perpanjang SIM kalo pas jadwal si mobil SIM di area parkiran Atrium Pondok Gede deket Polsek Pondok Gede, jadi tinggal ngesot aja dari rumah. Ternyata jadwal untuk di Pondok Gede itu pas hari Senin minggu depannya. Ya udah, hari Senin jam 09.30 saya meluncur ke TKP. Pas saya datang, mobil SIM nya belum ada. Saya tanya ke Polsek-nya dan katanya saya disuruh tunggu aja. Sebelumnya, sudah saya persiapkan juga syarat2 nya yaitu:

  • Fotokopi KTP 2 lembar (dilebihin aja fotokopiannya buat jaga2)
  • SIM yang mau diperpanjang (asli)
  • Jangan lupa bawa alat tulis

Begitu mobil SIM keliling datang jam 10.00, langsung aja tuh saya ngantri. Waktu itu selain saya, udah ada sekitar 5-6 orang lah yang mau perpanjang SIM juga. Terus saya isi formulir perpanjangan SIM dan bayar asuransi 30rb (ada kuitansi). Setelah formulir selesai diisi dan diserahkan, saya tunggu sampai nama saya dipanggil.

Sekitar 30 menit kemudian nama saya dipanggil dan saya masuk ke mobil SIM. Di dalam mobil, proses selanjutnya adalah foto,tandatangan,cap jempol, trus sekalian penegasan beberapa data seperti alamat, jenis SIM yang diperpanjang dan saya diperlihatkan SIM yang belum dicetak di layar komputer sekalian untuk memeriksa kalau2 ada data yang salah. Prosesnya gak sampai 5 menit kok. Nah di dalam mobil ini saya diminta untuk bayar 110 rb (di formulir sih tertulis biaya perpanjang SIM A 60rb, gak tau ini selisih 50rb untuk biaya apa). Daaaann…tadaaaaa…sesaat kemudian SIM saya jadi!! Yeay!! Prosesnya lumayan cepet lah menurut saya. Sebenernya kemarin itu lama nungguin petugasnya nyiapin alat (nyolokin listrik, masang tenda, etc). Total waktu kira2 1,5 jam lah dengan biaya 30rb+110rb=140rb.

Mobil SIM keliling ini khusus untuk yang mau perpanjang aja, kalo mau bikin SIM baru ya harus ke Samsat langsung. Buat yang SIM nya sudah habis masa berlakunya maksimal 1 tahun masih bisa loh perpanjang SIM di mobil keliling ini. Senang akhirnya bisa perpanjang SIM tanpa calo, gak pake lama dan gak perlu jauh2. Salut lah buat Samsat Polri buat pelayanan publiknya. Selain mobil SIM keliling ini, di Pondok Gede Plaza juga ada counter Samsat buat yang mau perpanjang pajak STNK. Papa saya yang udah pernah nyoba, prosesnya pun cepet cuma 15 menit, lumayan lah daripada bayar ke biro jasa buat ngurus. Buat yang juga mau perpanjang SIM di mobil keliling ini, datang pagi2 aja karena makin siang antriannya makin panjang + makin siang makin panas cyiiin..:)

Update: Mobil layanan SIM Keliling di Pondok Gede ini kayaknya udah gak ada lagi deh huhu…Paling dekat dari Pondok Gede paling adanya di Komsen atau Jatibening kalau gak salah. Jadi buat yang mau perpanjang SIM Bekasi bisa telpon dulu ke 021-8841110 atau 08121001175 untuk memastikan jadwal mobil kelilingnya. Atau langsung perpanjang di Polres Bekasi.

Leave a Reply

