Sukuk Ritel SR-004

Setelah berkenalan sama Reksadana saham dan campuran, sekarang saya mau coba kenalan sama Sukri alias sukuk ritel. Iyaaa…Sukuk ritel seri SR-004 yang lg heboh itu loh. Ya ya ya..saya sadar klo saya rada telat melek finansial sih, tapi yah lebih baik telat kan daripada nggak ngerti investasi sama sekali.

Oke, balik lagi ke si Sukri..dalam rangka menjalankan prinsip “don’t put all your eggs in one basket” saya sebenernya udah naksir nih pengen coba investasi di ORI ato SUKRI. Tapi kan ini produk yang gak diterbitkan setiap saat, ada waktu2 tertentu. Jadinya ya, nunggu pemerintah terbitin aja. Dan berhubung yang launching duluan si Sukri ini (dulu mo beli ORI-008 tapi telat), ya udahlah saya coba beli SR-004.

Singkat kata sih, Sukri ato sukuk ritel ini adalah ORI versi syariah. ORI itu adalah obligasi ato surat utang yang diterbitkan pemerintah Indonesia. Kenapa pemerintah nerbitin surat utang?ya buat mendanai APBN. Khusus sukuk ritel seri SR-004 katanya untuk membiayai sektor pendidikan. Jadi klo kita punya SR-004 bisa dibilang kita ikut ngutangin pemerintah untuk mendanai pendidikan di Indonesia*wekekek..terdengar begitu keren :p

Nah, karna kita ngutangin pemerintah, maka kita akan dapat ‘imbalan’ yang disebut kupon. Untuk SR-004 ini kuponnya 6.25% per tahun dipotong pajak 15%. Kupon ini dibayarkan tiap bulan sampai jatuh tempo. SR-004 ini jatuh temponya masih 3,5 taun lagi alias di September 2015 nanti. Setelah jatuh tempo ya duit pokok kita dibalikin 100%. Tapi sebelum jatuh tempo bisa aja sih dijual lagi di secondary market, tinggal hubungi agen penjual-nya aja.

Jadi nih ya, tadi pagi saya langsung ke Bank M*nd*ri buat pesan si SR-004. Kebetulan bank ini ditunjuk sebagai salah satu agen penjual dan saya udah punya rekening di situ. Caranya ternyata gampang banget 🙂

  1. Dateng ke bank, bawa buku tabungan, KTP dan NPWP..eh di rekeningnya kudu ada duit buat belinya juga :p
  2. Isi form2 buat pembelian SR-004 (ada 3 ato 4 form2 gitu deh)
  3. Dapet tanda terima sementara dan selesai deh, tinggal tunggu aja konfirmasi selanjutnya dari bank agen penjual.

Tadinya saya kira duitnya langsung didebet dari rekening kita, trus ntar klo nggak kebagian pas penjatahan duitnya dikembaliin lagi. Ternyata, duit di rekening kita cuma diblokir aja selama masa penawaran. Gak didebet tapi kita gak bisa ambil. Tiap agen ini kalo gak salah ada kuota-nya, jadi bisa aja nih kita udah pesan tp ntar pas penjatahan gak kebagian.

Masa penawaran SR-004 ini tgl 5-16 Maret 2012. Masa penjatahan tgl 19 Maret 2012 dan diterbitkan tgl 21 Maret 2012. Minimal pembelian 5juta rupiah dan kelipatannya dan maksimal 5 miliar. Bisa dibeli di bank ato sekuritas yang jadi agen penjual. Denger2, udah banyak agen penjual yang overbookerd loh…:D

Jadi, bisa dibilang sukri ini adalah alternatif buat yang punya duit yang kira2 bakal gak kepake selama 3,5 taun ke depan, pengen berinvestasi yang halal bebas riba, return lebih tinggi sedikit daripada deposito, aman dan bebas resiko (karna dijamin pemerintah)…tapi diliat juga tujuan finansial dan jangka waktunya ya, klo gak cocok ya jangan dipaksakan..:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s