Apakah tiap sakit perlu minum obat?

Agak panjang ya judul postingannya hihihi..:)

Jadi ceritanya saya nih punya kebiasaan tiap berasa mau sakit ringan (terutama batuk,pilek,pusing2 dikit dst) langsung cepet2 minum obat. Obatnya ya obat2 flu batpil n sakit kepala biasa yang dijual2 bebas macam dec*lg*n, bis*lv*n gitu. Maksudnya sih biar nggak jadi sakit sehingga saya tetep bisa kerja dan gak perlu sampai bedrest di rumah. Apalagi rasanya gak nyaman aja klo hidung mampet ato kepala pusing ato tenggorokan gatel ato badan sumeng. Pokoknya tiap tenggorokan gatel dikit langsung minum obat, hidung mampet dikit juga minum obat,kepala pusing mau flu atau migren karena PMS klo perlu juga langsung minum obat.

Dari browsing sana sini, saya nemu istilah RUM alias rational use of medicine, penggunaan obat yang rasional/masuk akal. Biar bagaimanapun juga kan obat itu adalah zat kimia dan semacam ‘racun’ yang masuk ke tubuh kita. Jadi ya nggak boleh sembarangan n asal2an dalam penggunaan obat. Apalagi konon tidak semua penyakit bisa sembuh dengan antibiotik atau obat2 kimia lainnya.

Nah,kira2 seminggu lalu saya berasa mau flu, hidung agak mampet dan tenggorokan mulai gatel. Tapi untungnya gak pake demam ato meriang segala sih. Gak tau nih ketularan sama temen sekantor atau emang pengaruh musim pancaroba. Tapi kali ini saya mau coba untuk nggak minum obat sama sekali. Flu itu kan disebabkan virus. Dan virus katanya nggak bisa dibasmi dengan antibiotik. Flu akan sembuh sendiri setelah sistem kekebalan tubuh selesai melawan virus CMIIW…

Yo wes lah, saya cuma coba untuk makan makanan bergizi dan bervitamin (banyak2 sayur n buah). Selebihnya,gejala flu ini dibiarkan aja sampai sembuh sendiri. Hari pertama, hidung agak mampet n tenggorokan agak gatel. Hari kedua dan ketiga makin parah, hidung mampet parah,kepala pusing tp tenggorokan agak mendingan. Suara udah bindeng abees. Di kantor dan di rumah srat srot srat srot melulu. Susah konsen kerja. Hari keempat agak mendingan. Saya agak tergoda buat minum obat karena besoknya ada ajakan buat melancong ke Lampung. Pfiuuhh..tahaaan..tahaan..

Hari kelima sampai ketujuh, kondisi masih sama, udah mendingan tapi hidung msh mampet n suara bindeng. Selama 3 hari 2 malam itu juga saya jalan2 ke Lampung ala backpacker bahkan sempet main2 + snorkeling di laut segala. Pulang dari Lampung, hari kedelapan tetep masih sama kayak kmrn. Hari kesembilan udah mendingan banget. Udah jarang banget srat srot srat srot nya.

Memasuki hari kesepuluh, kayaknya udah nyaris sembuh. Jadiiii…saya bisa loh sembuh dari flu tanpa obat *hore..joget2:). Meskipun emang sembuhnya agak lama dibanding minum obat. Ato minum obat sebenernya sugesti aja ya,jadi langsung berasa sembuh,entahlah…

So..hari ini saya bisa bilang bye bye virus fluuu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s