Belanja barang buatan negeri sendiri di INACraft 2012

Sabtu 28 April 2012 kemarin saya main2 ke INACraft 2012. Ramenyoooo…mungkin karena saya datengnya pas weekend ya. Kayaknya memang hampir tiap tahun deh saya dateng ke INACraft. Barang2nya beragam dari mulai batik, houseware, aksesoris, produk spa dan perawatan tubuh, perhiasan, tas, sepatu dan masih banyak lagi. Jumlah standnya banyaaaak…kaki gemfooor lah pokoknya. Bayangin aja seluruh area JCC dipakai untuk INACraft ini, dari mulai lobby utama, hall A & B, assembly hall, Cendrawasih sampai sebagian lower lobby. Ada juga stand-stand dari beberapa propinsi di Indonesia. Siap2 kekep dompet deh kalo gak mau kalap belanja. Dan berhubung saya gajiannya di tanggal 1, INACraft kemarin itu sungguh racun di tanggal tua…

Harga produk2 itu beragam juga dari mulai IDR 15K untuk 2 item sampai jutaan rupiah. Kalo gak mau belanja-belanja pun, ngeliatin produk2 nya udah cukup memanjakan mata kok. Kualitas barang nya pun menurut saya cukup bagus kok dengan harga yang reasonable lah, ada harga ada kualitas. Meskipun ada juga yang menurut saya agak mahal untuk barang dengan kualitas seperti itu. Saya sempet mampir ke beberapa stand (eh kayaknya hampir semua stand ding saya samperin :p pantesan gemfooor) dan sempet liat2, pegang2 barangnya, tanya harganya tapi gak beli dan colong kartu namanya….

1. Peggy’s Art and Crafts (Origami Handicraft)

Saya mampir ke sini gara2 titipannya mas @bayu_ism minta diliatin boneka2 jepang kayu. Boneka jepang kayu di sini harganya antara IDR 80K-100K. Kalau mau satu set beberapa boneka+piguranya harganya mulai dari IDR 200K. Produk2 Peggy’s ini bisa didapat antara lain di Tara’s (Mall Ciputra Lt.2, Mall Taman Anggrek Lt.Dasar, Supermall Lippo Karawaci Lt.Dasar), Four Seasons Flowers ITC Kuningan Lt.Dasar Blok E4 no.2-3 dan di Mentari (Tunjung Plaza Surabaya, Mall Galaxi Surabaya). Email: peggys_art@yahoo.com

2. Ainy Craft (serat daun & kepompong)

Produk2nya bros, cincin, korsase berbentuk bunga berbahan baku serat kepompong. Kalo untuk bros n cincin yang kecil harganya mulai dari IDR 15K untuk 2 item. Warnanya macem2 tapi bentuk bunganya sih seragam cuma beda di ukuran aja. Ainy Craft ini dari Gowa Sulawesi Selatan loh. Websitenya: www.smallindustry-indonesia.com/ainycraft atau email di ainisyam@yahoo.com

3. Rumah Betawi

Ini salah satu stand pilihannya editor Femina. Barangnya beragam ala2 Betawi gitulah. Ada kebaya encim, batik tulis Betawi, mainan anak2 khas Betawi, boneka2 kayu. Tapi saya nggak sempet tanya2 harganya. Alamat web-nya www.rumahbetawi.com dan bisa didapatkan produknya di Sarinah Thamrin Lt.5 atau Gedung Smesco UKM Gallery Lt.12.

4. Ayu Tenan Gallery (art beading jewellery & handycraft)

Ini juga salah satu stand pilihannya editor Femina. Kalung, anting2 dan aksesoris2 lainnya cantik2 deh. Rata2 sih terbuat dari batu + manik2 di pinggirnya. Range harganya sih seinget saya di atas IDR 100K. Untuk kalung bahkan ada yang IDR 900K. Ternyata workshopnya ada di Yogya, sedangkan outletnya ada di Ragam Kriya Nusantara Yogya, Sarinah Kraton Yogyakarta dan Sarinah Art Shop Malang. Website: www.ayutenan.com, email ayutenangallery@yahoo.com

5. Skaysa (accessories-jewellery-bags)

Kalo ini salah satu stand langganan saya. Gelang, kalung n clutch-nya murah meriah bener. Gelang dari manik2 itu mulai harga IDR 20K. Kalung dari manik2 + aksen dari batu atau kulit kerang mulai harga IDR 35K. Lumayanlah buat aksesoris sehari2 buat gaya kasual atau semi formal. Ternyata tokonya juga gak jauh2 amat, di ITC Kuningan Ambasasor Lt. Semi Dasar Blok C7 No.5-6. Email: skaysa203@yahoo.com.

6. Kyfano (Nice Leather)

Produk berbahan dasar kulit-nya antara lain dompet, tas n sepatu. Untuk dompet kecil harganya sekitar IDR 200K, untuk dompet agak gede, tas n sepatu pasti di atas itu lah ya harganya. Tapi kualitas kulit + jahitannya keliatannya oke kok. Showroomnya ada di ITC Cempaka Mas Lt. Dasar Blok L No.1074. Email: lily_sabdi@yahoo.com

7. Dian Pelangi

Huaaaa…ini standnya rame bener. Udahlah nggak usah ditanya lagi emang lagi heiiitzz banget nih Dian Pelangi. Jilbab tie dye kaos gitu harganya IDR 75K ada juga yang sale IDR 50K tapi nggak banyak. Untuk celana berbahan kaos motif tie dye IDR 250K n cardigan panjang tie dye IDR 300K. Untuk lain2nya saya nggak sempet liat2 karena rame bener, barang2nya aja sampe ditarok di lantai dan rebutan dipilih2in orang.

8. Keramik Jenggala

Salah satu pilihannya editor Femina juga nih. Produk gerabahkeramik dari mulai cangkir, gelas, piring sampai patung2 dan kendi. Musti ati2 nih klo ke sini..takut2 nyenggol n pecah terus disuruh ganti hihi..karena harganya lumayan, yang kendi2 ato mangkok besar gitu harganya ratusan ribu rupiah. Showroom-nya ada di Jl. Uluwatu II Jimbaran Bali dan di Jalan Benda Raya No.2A Kemang. Website www.jenggala.com atau email: info@jenggala.com.

9. Square

Jilbab + inner (dalemannya) dengan warna-warna yang (mayoritas) soft. Jilbabnya sih jilbab segiempat biasa tapi sudutnya diberi aksen bordiran simple. Harga jilbabnya sekitar IDR 200K (lupa persisnya berapa sekitar segitu lah). Sementara inner ninja nya IDR 135K. Tapi inner ninjanya ini pas dipegang bahannya bagus kok, agak tebel tapi adem n gak gampang lecek. Terus, depannya pake resleting jepang. Inner + jilbabnya juga ada model yang pakai kancing. Jadi, jilbabnya dikancingin ke inner dan gak perlu peniti atau jarum pentul yang banyak. Ada juga aksesoris2 untuk jilbab. Produk2 ini ada di Square Atelier Sektor 9 Bintaro Jaya.

10. Gendhis -Natural bags

Ini sih tas2nya emang keren2. Bahannya dari rotan, rajutan benang nylon, kulit dan atau kombinasi ketiganya. Yang dari rajutan nylon ya model kayak tas2 merk Dowa gitu. Harganya kalo dompet2 kecil dari rajutan nylon mulai dari IDR 175K dan kalau yang tas kulit bisa sampai sejutaan. Showroomnya ada di Royal Ambarukmo Hotel Yogyakarta. Website www.gendhisbag.com, email: gendhis@gmail.com

11. Lawe

Kalau yang ini produknya tas, iketan rambut, dompet, cosmetic pouch dengan bahan semacam lurik yogya gitu tapi warnanya bagus2 n cerah2. Harganya dari IDR 35K (cosmetic pouch) sampai IDR 200K-an untuk tas. Showroomnya ada di Amri Museum & Art Gallery Jl. Prof. Dr. Ki Amri Yahya 6 Yogyakarta. Email: lawe@houseoflawe.com, lawecraft@yahoo.com

Stand-stand yang saya sebut di atas cuma sebagian keciiiil aja. Selebihnya sih masih banyak banget stan2 yang barangnya bagus2. Batik2 pun banyak banget, ada kali tuh 1 hall lebih isinya stand batik semua. Tapi memang bukan batik model2 di ITC gitu. Baju2 atau dress batik untuk cewek range harganya IDR 400K sampai jutaan rupiah lah. Dan seperti yang saya bilang, ada harga ada kualitas lah. Dan baru saya perhatiin juga kemarin banyak banget baju atau dress batik yang diberi semacam rajutan di pinggirannya atau dikombinasikan dengan bahan brokat. Selain itu, ada juga produk2 kerajinan dari anyaman rotan, kulit kerang, tas dari eceng gondok, artificial flower dari kulit jagung dan masih banyaaak lagi macemnya. Kalau mau puas sih tahun depan datangnya harus selama 2 hari berturut2 kali yak..

Advertisements

2 thoughts on “Belanja barang buatan negeri sendiri di INACraft 2012

  1. dessy says:

    Mbk Ratna mau tanya, untuk produk kyfano tas kulit wanita harganya kisaran berapa? Waktu di pameran. Soalnya ak br beli, takutnya kemahalan.huhuhu…cm mau compare. Tq.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s