Ciberang Fun Rafting Trip

Weekend 12 Mei yang lalu saya ikutan rafting di Ciberang yang di-organized oleh Kamuka Parwata (KAPA) FTUI alias UKM pecinta alamnya mahasiswa FTUI. Dulu sih jaman mahasiswa saya bukan anak pecinta alam, tapi kemarin saya diajakin sama temen kuliah saya, Dipta, yang anak KAPA untuk ikutan rafting ini. Event ini sih open for public jadi ya yang ikutan ada mahasiswanya (nggak cuma dari UI), ada alumninya juga dan ada juga beberapa orang dari komunitas2 tertentu macam Green Peace dan sebagainya. Tapi memang kebanyakan mahasiswa sih…jadi kemarin saya rafting bareng berondong2 😛

Dan setelah sekian lama akhirnya saya menginjakkan kaki lagi di Kampus FTUI tercintah. Kebetulan meeting point-nya memang di kampus. Ternyata yang ikut banyak, ada 50-an orang hihi. Berangkat dari Kantin Teknik jam 08.00 (ngaret 1 jam dari jadwal) dengan 2 bus AC ukuran tanggung. Ciberang itu letaknya di Lebak, Banten. Rute kemarin yang ditempuh menuju Ciberang adalah Jl. Margonda Raya-Citayam-Cilebut-Warung Jambu Bogor-Perumahan Jasmin-Jasinga-Cipanas . Jam 1 siang kita sampai di pemandian air panas Savana yang sekaligus jadi meeting point dengan peserta lain yang membawa mobil pribadi. Setelah istirahat sebentar, makan dan sholat kita melanjutkan perjalanan ke starting point. Starting point untuk rafting dari pemandian air panas Savana itu sekitar 10km lagi dengan kontur jalan yang naik turun bahkan bus-nya sampai nggak kuat nanjak.

Sampai di starting point (lupa jam berapa) kita langsung siap2 untuk mengarung. Rombongan kita dibagi 9 perahu. Di perahu saya, isinya 5 orang + 2 orang skiper. Rute kita mengarung sekitar 10 km. Sebelum mengarung, saya nggak ada pemanasan atau briefing2 segala loh. Padahal ini pengalaman pertama saya rafting #tutupmuka#udah setua ini baru ngerasain rafting. Di perahu saya ini, isinya ada mahasiswa dari Palembang, mahasiswa ITI dan sisanya anak Teknik UI baik yang sudah alumni (termasuk saya) maupun yang masih kuliah.

Dan setelah mulai mengarung baru saya tau sedikit2 istilah di arung jeram. Saya sih tinggal ngikutin skiper aja, disuruh dayung maju, dayung mundur, pindah kiri, pindah kanan  atau boom. Beberapa kali juga sempat pindah posisi di perahu untuk menyeimbangkan beban dan kekuatan mendayung. Beberapa kali perahu harus diangkat karena terjepit di batuan. Beberapa kali juga kami bisa ke pinggir kalau pas lewat tempat yang arusnya tenang dan gak banyak stopper, sambil menikmati pemandangan dan suara burung2. Salah satu yang lumayan seru saat melewati DAM berupa turunan setinggi sekitar 1 m.

Menjelang garis finish, ada lagi DAM kedua. Tapi turunan semacam perosotan di DAM kedua ini cukup sempit dan ada beberapa besi di turunan sehingga khawatir perahu bisa nyangkut. Sementara kalau tidak lewat turunan itu, perahu harus terjun bebas dari ketinggian hampir 3 meter, bahaya banget kan. Akhirnya kita melewati turunan itu pelan2 sambil bawa perahu, bukan naik perahu. Sampai di titik finish pas banget azan maghrib. Setelah itu langsung menuju ke pemandian air panas lagi, berendam sebentar (daripada masuk angin), mandi + beres2, makan malam terus pulang.

Karena pas berangkat kita ketemu jalan rusak dan sebagian juga sedang di-cor beton, untuk rute pulang kita mengambil jalan yang beda. Berangkat dari pemandian air panas Savana jam 9 malam. Kita langsung masuk tol lalu masuk tol JORR dan kembali ke Kampus UI Depok lagi. Sampai di Kampus UI jam 1 dinihari…mata 5 watt…badan berasa kayak digebukin orang se-RT…tapi puas dapet pengalaman baru 

Note: Ciberang Fun Rafting Trip organized by KAPA FTUI, HTM IDR 250K (dapet snack pagi, snack siang, tiket masuk ke pemandian air panas, include semua ‘alat perang’ buat rafting, dapat makan malam, transport Depok-Lebak PP dengan bus AC  )