Pulau Pari Fun for Vacation Trip

Weekend kemarin (30 Juni-1 Juli 2012) saya nge-trip ke pulau Pari di Kepulauan Seribu. Maksudnya sih mau nge-bolang penutupan sebelum puasa 😀 eh tapi kalaupun masih ada lagi yang ngajakin nge-trip sebelum puasa saya nggak nolak juga loh 😛 selama masih masuk di bujet dan waktu…

Trip ke pulau Pari ini berawal dari ajakan Sasha, temen kuliah saya. Jadi yang mengadakan trip ini adalah temennya temennya Sasha (panjang yaaa…). Dan selain saya, Sasha juga mengajak suaminya, sepupu suaminya, iparnya sepupu suaminya, kakaknya, temen2 kakaknya, suami teman kakaknya..halaaah panjang ya kalo diurut2..pokoknya dari rombongan kita ada 13 orang. Sementara jumlah total peserta trip hampir 50 orang. Terlalu kebanyakan orang dan gak terlalu nyaman sebenernya IMHO..

Pulau Pari terletak di selatan pulau Tidung. Untuk menuju ke pulau Pari bisa melalui Pantai Marina Ancol, Rawa Saban Tangerang atau pelabuhan Muara Angke. Kalau saya kemarin berangkat lewat pelabuhan Muara Angke karena lebih murah. Meeting point di pom bensin Muara Angke yang kalau weekend itu dari mulai subuh sudah ruameee orang2 yang mau ke pulau2 di Kepulauan Seribu. Dan kalau nggak pakai sign khusus seperti bendera atau warna baju yang sama pasti ribet nyari yang mana rombongan kita. Dan setelah melalui suasana hektik di pom bensin Muara Angke, kita pake acara ketinggalan kapal pulak..aarrrrgghh…Harusnya berangkat jam 7 dan kita baru berangkat dari pelabuhan Muara Angke jam 12 siang karena menunggu kapal yang berangkat jam 7 itu balik lagi ke Muara Angke..aaarrrrggghh lagi 😦

Perjalanan Muara Angke-pulau Pari lamanya sekitar 2 jam. Kita sampai di pulau Pari sudah jam 13.30. Sampai di dermaga, kami disambut Pak Udin yang akan jadi guide kami selama di pulau Pari. Setelah menikmati welcome drink es kelapa muda + rumput laut yang asli seger banget itu, kita menuju ke homestay, makan siang dan siap2 snorkeling. Rencananya kita akan snorkeling di 3 spot :  Bintang Rama, APL (Area Perlindungan Laut) dan pulau Tikus. Tapiiiii…berhubung berangkatnya sudah telat banget, kita cuma sempet snorkeling di Bintang Rama karena laut sudah mulai pasang, ombak besar, visibility juga buruk..pfiiiuuhh. Pemandangan bawah lautnya sebenarnya lumayan bagus, tapi ya gitu deh visibility nya buruk dan ombaknya gede karena sudah terlalu sore. Oiya sebenarnya kalau mau diving pun bisa, minimal 5 orang dalam 1 grup. tapi kemarin di rombongan saya nggak ada yang diving.

Setelah snorkeling, kita kembali lagi ke pulau Pari untuk menunggu sunset di sekitar lokasi riset kelautan milik LIPI. Sedangkan malamnya, nggak ada acara khusus selain makan2 seafood di dermaga. Dan menu paling juara malam itu adalah cumi bakar!! *dapet salam dari kolesterol :P. Beberapa orang ada sih yang malam itu mencoba ‘survey’ ke pantai Pasir Perawan. Jadi,  pulau Pari ini membentang dari lokasi riset LIPI di barat sampai ke pantai Pasir Perawan di timur.

Keesokan paginya, setelah sholat subuh saya langsung ngacir untuk menanti sunrise. Kalau saya menunggu sunrise di dekat dermaga, di area berupa turap yang menjorok ke laut, bersama Mutia dan suaminya (eerr..saya lupa nama mas-nya siapa :P) Sedangkan teman2 yang lain ada yang melihat sunrise dari Bukit Matahari. Bukit Matahari ini masih terletak di dekat dermaga. Tapi kayaknya matahari-nya kali itu lagi malu2, ditunggu2 sampai lama nggak muncul2 juga tertutup awan…

Setelah itu kami kembali ke homestay untuk sarapan sebentar dan menuju ke pantai Pasir Perawan untuk menanam bakau. Pantai Pasir Perawan pas saya datang sedang surut sehingga yang terlihat adalah hamparan pasir putih halus dengan pohon2 bakau di beberapa spot. Nah di spot2 yang masih kosong itulah kami menanam bakau. Spot kosongnya masih luaaaas banget kok. Jadi, kalau ada kesempatan ke pulau Pari jangan lupa ikutan menanam bakau yah..

Selesai menanam bakau, kami kembali ke dermaga untuk snorkeling hehe..Sebenarnya di rencana awal sudah nggak ada jadwal snorkeling lagi untuk hari itu.  Tapi karena kemarin belum puas snorkeling-nya, dan menurut info dari Pak Udin, ada spot snorkeling yang cukup lumayan di dekat dermaga, jadi saya dan beberapa teman menyempatkan untuk snorkeling sebentar sebelum pulang. Itupun juga gak bisa terlalu lama karena kapal ke Muara Angke yang tadinya akan berangkat jam 2 siang ternyata dipercepat jadi jam 12 siang. Ternyata snorkeling di dekat dermaga itu arusnya lumayan besar meskipun pemandangan bawah lautnya ya lumayanlaah. Selain di dekat dermaga, di dekat konservasi LIPI juga katanya ada spot bagus untuk snorkeling. Selesai snorkeling, langsung buru2 mandi, makan siang dan pulang kembali ke Jakarta sebelum ketinggalan kapal lagi 😛

Pulau Pari ini sepertinya sudah lumayan tersohor juga, nggak kalah sama pulau Tidung atau pulau Pramuka yang sudah cukup dikenal. Karena fasilitas di pulau Pari juga sudah cukup lengkap antara lain rumah penduduk yang disulap jadi homestay ber-AC dan penyewaan alat snorkeling (IDR 30K). Kalau males jalan kaki keliling pulau juga bisa sewa sepeda (IDR 20K) atau naik bentor (kapasitas 6-8 orang, itu loh semacam delman tapi ditarik pakai motor, IDR 50K). Pas saya datang kemarin, kapal dari Muara Angke ke pulau Pari pun penuh sesak, banyak orang yang mau ke sana. Entahlah mungkin juga karena musim liburan sekolah.

Eniwei, trip ke pulau Pari kemarin itinerary-nya berantakan kacau beliau sekacau-kacaunya :(. Karena berangkatnya telat,jadwal acara jadi molor padahal menurut saya itin-nya juga gak padat2 banget loh. Acara utama snorkeling-an juga jadinya yaaa begitulah…oiya selain lokasi2 yang sudah disebut di atas, ada lokasi lain yang juga gagal kami kunjungi yaitu pulau Burung yang berada di dekat pulau Pari. But we still had some fun kok 😀 Meskipun belum puas, semoga suatu saat bisa ke sana lagi..

Advertisements

3 thoughts on “Pulau Pari Fun for Vacation Trip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s