Cantik dan Berkah dengan Kosmetika Halal

Merawat kecantikan yang sudah dianugerahkan Tuhan adalah tugas kita sebagai bentuk rasa syukur. Meskipun kecantikan bukan semata-mata kecantikan fisik atau lahiriah saja namun juga kecantikan hati atau batin. Tapi bukan berarti kecantikan lahiriah harus diabaikan. Terlihat cantik dan menarik sepertinya sudah menjadi fitrah perempuan. Dan isu mengenai kecantikan biasanya berkaitan erat dengan urusan kosmetik.

Sebagai muslim, kita diperintahkan memilih yang halal. Dan urusan halal ternyata bukan cuma soal makanan. Halal itu menyangkut seluruh aspek kehidupan kita. Termasuk kosmetik yang kita gunakan sehari-hari untuk mempercantik diri. Menggunakan kosmetik yang halal juga bukan hanya agar kita terhindar dari bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh, tapi juga untuk mendapatkan ridho Allah agar ibadah kita diterima dan doa kita terkabul.

Seiring perkembangan teknologi, bahan baku yang digunakan untuk kosmetik semakin beragam.  Bahan baku kosmetik bisa berasal dari tumbuh-tumbuhan, hewan atau senyawa kimia. Belum lagi bahan baku turunannya pun sangat kompleks, terutama yang berasal dari hewan. Bahan-bahan ini lalu diekstraksi sehingga menghasilkan produk kosmetik yang selama ini kita gunakan. Dari sisi bahan baku saja, sangat banyak titik kritis yang harus dicermati, antara lain penggunaan plasenta, kolagen, amnion maupun bahan-bahan hewani lainnya.

Selain bahan baku, kita juga perlu mencermati tempat penyimpanan dan  pengolahan serta proses pembuatannya. Karena hal-hal tersebut juga menjadi penentu status halal dari kosmetik yang kita pakai. Contohnya: bahan baku yang berasal dari hewan yang halal (misalnya sapi) bisa menjadi haram bila penyembelihannya tidak sesuai tata cara Islam. Bahan-bahan nabati yang pada dasarnya halal pun harus diperhatikan alur proses pembuatannya apakah ditambahkan atau menggunakan pembantu atau pelarut dari bahan yang haram.

Nah kalau begitu, bagaimana dong memastikan kosmetik yang kita gunakan terjamin halal? Cukup sulit kalau kita harus memastikannya sendiri. Repot juga kan kalau kita harus datang ke pabrik-nya satu persatu mengecek bahan baku dan proses pembuatannya. Atau setiap membeli kosmetik harus kita cek komposisi bahannya. Padahal belum tentu juga seluruh komposisi bahan tercantum di kemasannya. Apalagi kalau kita bukan berlatar belakang pendidikan farmasi sehingga pengetahuan kita sangat terbatas. Solusinya ya pakai saja kosmetik yang sudah bersertifikat halal LPPOM MUI.

LPPOM MUI merupakan lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikat halal di Indonesia untuk produk makanan, obat dan kosmetik. Untuk mengetahui daftar produk yang sudah bersertifikat halal MUI, kita bisa melihatnya di sini. Atau apabila produk tersebut sudah bersertifikat halal, maka di kemasan produk terdapat label halal MUI. Sertifikat halal ini berlaku selama 2 tahun dan dapat diperpanjang kembali. Jadi, sebelum membeli perlu kita perhatikan juga masa berlaku sertifikat halal-nya.

Di Indonesia sendiri, belum banyak kosmetik yang sudah berlabel halal. Padahal, sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia sangat strategis bagi pemasaran produk-produk halal. Kesadaran untuk menggunakan kosmetik yang terjamin halal masih sangat rendah. Perhatian kita pada ke-halal-an produk masih terpaku hanya pada makanan atau produk yang secara langsung masuk ke dalam tubuh kita. Kesadaran yang masih rendah inilah yang menyebabkan produsen kosmetik belum merasa perlu mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikat halal. Adanya sertifikat halal akan membuat kita sebagai konsumen Muslim merasa yakin dan mantap dalam menggunakan produk tersebut.

Salah satu dari sedikit merk kosmetik lokal yang sudah berlabel halal itu adalah Wardah. Wardah adalah merk kosmetik yang pertama kali mendapat sertifikat halal LPPOM MUI. Jadi, bisa dibilang Wardah adalah pionir kosmetik halal di Indonesia. Bahkan, Wardah mendapatkan ‘Halal Award’ untuk cosmetic brand category dari LPPOM MUI.

Produk Wardah sendiri cukup lengkap dan banyak pilihannya dari mulai perawatan tubuh, perawatan wajah maupun tata rias. Produk perawatan tubuh dan wajah nya pun beragam mulai yang basic hingga produk untuk kebutuhan tertentu misalnya untuk umroh dan haji. Tata rias-nya pun bermacam-macam mulai dari tata rias sehari-hari dengan warna yang soft sampai tata rias dekoratif. Tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan kita. Harganya pun juga ‘aman’ di kantong.

Dan sebenarnya kosmetik halal ini bukan cuma untuk muslimah saja loh. Sama hal-nya dengan makanan halal yang bisa saja dikonsumsi oleh non-muslim, maka kosmetik halal ini juga boleh2 saja dipakai oleh non-muslimah demi keamanan dan ke-bermanfaat-an untuk tubuh. Dengan menggunakan kosmetik halal, selain cantik, hati kita juga merasa tenang  dan lebih berkah InsyaAllah. Jadi, untuk kosmetik pilih yang pasti-pasti aja lah, pilihlah yang sudah berlabel halal LPPOM MUI. Semoga kita selalu istiqomah memilih yang halal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s