Kering Kentang

Kalau lagi travelling atau tinggal jauh dari keluarga (baca:jadi anak kos) memang enak kalau punya stok lauk pauk kering. Tinggal cari nasi panas doang nih šŸ˜› Salah satunya ya kering kentang ini. Jujur aja saya baru pertama kali ini nyoba bikin kering kentang sendiri karena males iris2 kentangnya, sebelumnya beli jadi atau paling bikin kering tempe.

Bahan:

  • 1 kg kentang, kupas, potong2 seperti korek api, rendam di air
  • kacang tanah sangrai (sesuai selera)

Bumbu yang dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10-15 buah cabe keriting (atau bisa juga diganti cabe giling)
  • garam
  • gula asir
  • Ā½ sdm cuka

Cara membuat:

  1. Goreng kentang yang sudah diiris-iris sampai kering. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masak sampai matang dan berbentuk seperti paste.
  3. Masukkan irisan kentang yang sudah digoreng + kacang tanah. Aduk sampai bumbu merata.
  4. Tunggu sampai dingin, lalu simpan di toples kedap udara. Kering kentang siap dimakan pakai nasi panas šŸ˜›

Note:

  1. Kentang kalau digoreng jadi menyusut. Paling jadinya tinggal setengah dari sebelum digoreng.
  2. Kalau males iris kentang seperti korek api, bisa saja diiris tipis bulat seperti keripik kentang atau seperti keripik kentang untuk soto yang berbentuk seperempat lingkaran. Kalau digoreng bisa tetap crispy kok šŸ™‚
  3. Yang agak tricky itu pas memasukkan kentang ke bumbu. Agak ribet pas ngaduk biar bumbunya merata.
Advertisements

2 thoughts on “Kering Kentang

    • hi mbak Titien, sebenernya cuka ini katanya sih untuk bikin kentangnya lebih garing, soal rasa sih paling ada pengaruhnya sedikiiit..kayaknya gpp kalau gak pakai cuka šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s