Body Rafting @Green Canyon

Setelah melalui rembukan yang rada ribet, gonta-ganti tanggal dan sempet gonta ganti rute dsb akhirnya kesampean juga weekend lalu saya dan temen2 ber-body rafting di Green Canyon Pangandaran..Hehe..payah yeee hari gini baru nge-trip ke Pangandaran 😛

Kami start berangkat dari Jakarta hari Jumat jam setengah sebelas malam. Ini sebenarnya udah telat banget deh. Idealnya karena ke Pangandaran itu butuh waktu sekitar 9 jam, berangkat dari Jakarta kalau bisa paling telat jam 9 malam. Tapi ah sudahlah…karena jalanan macet plus ujan gede akhirnya jadi rada telat berangkatnya.

Berhubung pake ada tragedi nyasar, kita baru sampai Pangandaran keesokan paginya jam 8an lewat. Udah telat banget ini mah, perkiraannya kan bisa sampai di sana Subuh 🙂 Nggak sempat main2 dulu di Pantai Pangandaran akhirnya kita langsung menuju Green Canyon. Green Canyon ini tepatnya terletak di Parigi, kira2 30 km dari pantai Pangandaran. Jalan menuju ke Green Canyon dari Pangandaran ada yang sudah beraspal bagus, ada juga yang masih agak gradakan, pas2an dilewati mobil dari 2 arah. Di Green Canyon ini kalau nggak salah ada 4 operator body rafting. Dan kebetulan kita sudah booking plus bayar DP di salah satu operator.

Sampai di parkiran di depan pintu masuk Green Canyon, kita langsung disambut Pak Ahmad dari Guha Bau Body Rafting. Nggak pake lama, kita langsung registrasi, pasang perlengkapan perang dan siap ber-body rafting. Nah, dari area parkiran ini kita dibawa dengan mobil pick up menuju ke base camp yang juga jadi start awal body rafting. Agak jauh juga dari parkiran, ada kali sekitar 10-15 menit perjalanan dengan rute naik turun, jalanan sempit gak beraspal dengan kemiringan cukup ekstrim.

Ternyata setelah sampai base camp, perjuangan belum selesai sodara-sodara! Masih harus jalan kaki lagi naik turun lewat jalan setapak…sebentar sih, nggak sampai 10 menit kok. Lumayan ekstrim juga nih jalannya. Musti pegangan ke batang2 pohon kalau nggak mau kepeleset. Nggak kebayang kalau kesana pas musim hujan.

Akhirnya sampai juga nih di titik awal perjalanan body rafting kita. Woohoo…tempatnya kereeeen, tepat di depan gua yang isinya kelelawar semua 🙂 Airnya bening tapi keliatan warna hijau #ehgimanasih…Tebing-tebingnya keren. Langsunglah mulai nyemplung dan mengarung. Cara nyemplungnya? Kalau berani lompat, bisa aja lompat dari ketinggian sekitar 2,5 meter. Tapi kalo phobia ketinggian, melipir aja nyemplung dari pinggiran sungai.

Kebetulan pas saya ke sana, di Pangandaran katanya belum masuk musim hujan (meskipun 3 hari berturut-turut sebelum berangkat, Jakarta selalu hujan deras). Karena masih musim kemarau itulah, airnya bening dan arus nggak terlalu deras. Kata mas2 guide-nya sih, aman banget lah buat pemula yang mau ber-body rafting. Kalau mau lebih seru lagi, mengarung-lah di musim hujan pas arus lagi deras2nya. Tapi airnya rada butek sih, warna coklat gitu.

Jalur body rafting kita ini tepatnya ada di sungai Cijulang. Total lama mengarung sekitar 3 atau 4 jam lah. Yang jelas sempet beberapa kali berhenti untuk istirahat. Tapi memang rute yang dilewati kereeen. Di awal2 perjalanan, arusnya masih lumayan tenang. Kalau berenang manghadap ke atas, pemandangannya langit biru dengan kiri kanannya tebing dan pepohonan. Sesekali bertemu arus cukup deras dengan batu2 di pinggirannya jadi terpaksa harus jalan melewati sela2 batu.

Sekitar pertengahan perjalanan mulai deh menyaksikan yang katanya disebut hujan abadi alias tetesan2 air dari mata air dari atas gitu. Batu2nya, stalagtit stalagmitnya cantik banget.. Dari pertengahan perjalanan sampai akhir mulailah ketemu jalur yang susah. Batunya besar2, beberapa kali harus merambat sambil pegangan ke pinggiran batu. Dan, klimaksnya #halaah adalah..ada batu besar setinggi sekitar 7 meter yang bisa dipakai buat memacu adrenalin dengan lompat dari atas situ ! Saya ikutan lompat?oh tentu tidak #cemen. Dan di sekitar situ batunya besar2,bentuknya keren dan airnya beniiing tapi agak hijau kebiruan.

Nggak jauh dari situ sampailah kita di garis finish. Kapal-kapal kayu udah berjejer yang mau jemput orang-orang yang baru selesai ber-body rafting. Dari situ perjalanan naik perahu dilanjutkan sampai kembali lagi ke dermaga yang ada persis di depan parkiran. Untuk yang nggak mau body rafting dan cuma mau jalan2 keliling aja, bisa menyewa perahu ini (kapasitas 5-6 orang). Tapi lebih seru kalau sekalian ikut body rafting sih 😛

Oke, sekarang mau review operator body rafting kita kemarin, Guha Bau. Tau Guha Bau dari internet, trus langsung kontak ke CP-nya. Sebelum berangkat kita udah bayar DP duluan karena denger2 sih Green Canyon itu kalau weekend rame banget, jadi mendingan booking dulu daripada gak kebagian peralatan atau perahu. Harga paket body raftingnya IDR 175K/orang, dapat fasilitas peralatan (helm,sandal gunung,life jacket, pelindung kaki), transport dari parkiran Green Canyon ke starting point, transport dari finish point ke dermaga Green Canyon plus makan siang. Termasuk disediakan juga guide 2 orang + perlengkapan P3K.

Selama kegiatan, barang2 kita (tas, sepatu dll) bisa dititip di kantor mereka, aman kok..barang tiap grup dimasukkan ke plastik besar dan dikasih nama jadi nggak akan tertukar dengan grup lain. Barang2 seperlunya yang mau dibawa (makanan kecil, kamera dll) bisa dititip ke guide-nya dan dimasukkan ke dry bag. Enak kan..nggak perlu repot2 bawa dry bag sendiri. Kalau yang hobi narsis foto2, tenang aja selama body rafting pun, si mas2 guide-nya cukup inisiatif ngambil foto2 kita kok 😛 tinggal titipin kamera ke guide-nya karena berdasarkan pengalaman agak ribet kalo kita yang pegang kamera sendiri. Kalau pas istrahat pun, si mas guide juga dengan sigap langsung ngeluarin snack dan air mineral kok, jadi jangan kuatir kelaparan 😛 Yang jelas, kita cukup puas dengan pelayanannya deh. Pak Achmad-nya ramah dan si mas guide (mas Arief n satu lagi siapa gitu lupa namanya) juga sangat helpful.

Selesai body rafting, kita cuma sempat mandi bilas2 dan makan siang. Nggak sempat main2 ke pantai lagi dan segera cabut ke tujuan berikutnya..

Advertisements

One thought on “Body Rafting @Green Canyon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s