Pekan Reksa Dana Nasional (part1)

Sabtu 20 Oktober 2012 lalu saya datang ke Pekan Reksa Dana Nasional di Atrium Laguna Central Park. Kali ini, tema-nya adalah ‘Reksa Dana Investasi Masa Depan Keluarga Indonesia’. Acara dari tanggal 18-21 Oktober 2012 ini diikuti 45 perusahaan pengelola reksa dana alias Manager Investasi dan bank agen penjual reksa dana. Jadi, ternyata investor reksa dana di Indonesia jumlahnya masih sangat kecil, tidak sebanding dengan pertumbuhan kelas menengah. Diharapkan sih, dengan adanya acara ini semakin banyak kelas menengah terutama keluarga yang menjadikan reksa dana sebagai salah satu pilihan instrumen investasi.

Tidak lama setelah saya tiba di TKP, ada talkshow tentang pengenalan reksa dana dengan pembicara dari Bapepam-LK dan wakil dari manajer investasi. Yang dijelaskan sebenarnya sangat dasar sekali tentang apa itu reksa dana, kenapa kita harus berinvestasi, kenapa kita memilih berinvestasi di reksadana serta keuntungan maupun resiko apa yang akan dihadapi jika kita berinvestasi di reksa dana.

Hmm..baeklah dimulai dengan kenapa kita harus berinvestasi. Simpel aja sih alasannya: karena ada inflasi. Dengan adanya  hidden enemy berupa inflasi ini, kalau kita cuma menabung sebenarnya daya beli kita semakin hari semakin menurun loh karena suku bunga atau bagi hasil dari bank lebih rendah dari inflasi. Makanya kita butuh instrumen yang memberikan imbal hasil melebihi tingkat inflasi supaya tujuan2 finansial kita bisa tercapai.

Investasi di tanah dan properti bisa memberikan imbal hasil cukup besar jauh di atas inflasi tapi juga perlu modal besar dan tidak mudah dicairkan jika kita membutuhkan dana. Investasi di saham atau obligasi juga perlu modal sangat besar di samping perlu pengetahuan juga kalau mau main di saham. Alternatif lain bisa dengan berinvestasi di emas LM atau membangun bisnis *tetep butuh modal besar dan ‘ilmu’.

Selain yang sudah disebut di atas, instrumen investasi lain yang bisa digunakan adalah reksa dana. Yang belum tau apa itu reksa dana dan jenis-jenis reksa dana bisa googling sendiri ya. Beberapa keunggulan reksadana antara lain:

Aman

Reksa dana diawasi oleh pemerintah dalam hal ini Bapepam-LK. Manager Investasi (MI)-nya harus punya izin, agen penjualnya pun harus berlisensi WAPERD. Dana yang dihimpun pun disimpan di bank kustodian dan bukan menjadi asset-nya MI. Jadi, misalnya *amit-amit* MI-nya bangkrut, dana kita akan tetap aman dan bisa saja pengelolaannya dilanjutkan oleh MI lain. Dana juga gak bisa dibawa kabur MI karena disimpan di bank kustodian.

Mudah

Berinvestasi di reksa dana sangat mudah. Syaratnya cuma KTP dan NPWP *sama duit juga deng *ya menurut lo. Bisa dibeli lewat bank agen penjual atau langsung ke MI. Minimal pembeliannya pun cukup terjangkau, mulai dari IDR 100K loh. Reksa dana bisa dibeli dan dijual kapan pun, tidak ada jangka waktu tertentu seperti deposito. Nggak perlu repot-repot analisa kondisi ekonomi dst, cukup duduk tenang karena tugas itu adalah bagiannya Manager Investasi. Kinerjanya pun bisa dengan mudah dimonitor lewat media online dan surat kabar.

Bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Maapkan bahasa Indonesia saya yang agak absurd. Ini maksudnya reksa dana bisa disesuaikan dengan jangka waktu kebutuhan kita. Untuk tujuan finansial jangka pendek ❤ tahun, bisa masuk ke reksa dana pasar uang, untuk jangka menengah 5-10 tahun, bisa masuk ke reksa dana campuran. Dan untuk jangka panjang >15 tahun bisa masuk ke reksa dana saham.

Sebenarnya masih ada lagi deh keunggulan2 reksa dana, tapiii..maafkan daya ingat saya, berhubung nggak dicatat, cuma segitu yang diingat 😛

Selain keunggulan di atas, kita juga perlu tau resiko berinvestasi di reksa dana, antara lain resiko turunnya NAB serta resiko likuiditas (bila terjadi penarikan semua/sebagian besar dana secara bersamaan). Tapi yang namanya resiko bukan untuk dihindari melainkan di-manage. Tidak berinvestasi pun ada resikonya, yaitu menurunnya daya beli kita karena inflasi. So, selamat berinvestasi di reksa dana, pahami, nikmati !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s