Pekan Reksa Dana Nasional (part2)

Lanjutan dari tulisan sebelumnya, sekarang saya mau cerita ada apa aja di Pekan Reksa Dana Nasional. Jadi, di sana ada booth dari 45 manager investasi dan bank agen penjual reksa dana. Kesempatan besar untuk tanya2 langsung sama MI-nya keunggulan2 produk mereka.

Selama ini, saya selalu membeli reksa dana (RD) melalui bank. Ya kebetulan yang dekat dengan rumah dan kantor adalah bank. Dan saya cukup terbantu dengan fasilitas autoinvest di bank. Gampang pula, tinggal datang ke CS, isi form, bereesss..uang kita akan di-debet tiap bulan dengan jumlah tertentu dan bukti transaksi dikirim dari bank kustodian ke alamat korespondensi kita. Tapi kelemahan beli RD lewat bank adalah jenis RD yang bisa dibeli terbatas, karena RD kan bukan produk bank melainkan bank hanya bertindak sebagai agen penjual. Sering terjadi, RD inceran saya nggak dijual lewat bank 😛

Ternyataaa…beli RD langsung lewat MI juga nggak kalah mudahnya deh. Form bisa di-download di website MI atau minta dikirim by email.  Lalu kita bisa isi form dan kirim bukti transfer ke MI-nya. Kemarin di Central Park bisa juga kita isi form saat itu juga di booth dan uangnya baru ditransfer keesokan harinya. Banyak juga MI yang sudah punya fasilitas autoinvest. Bahkan di beberapa MI, kita bisa mulai berinvestasi di RD mulai dari IDR 100K.

Baru kali ini saya datang ke mal bukan kalap pengen belanja baju atau tas atau sepatu tapi kalap pengen beli RD 🙂 Pengen sih nambah beli RD lagi, tapi ya ini masih diterawang dulu mau beli yang mana.

Sam*el Aset Manajemen memiliki 4 produk RD. Tiap produknya bisa dibeli dengan minimum pembelian IDR 250K dan untuk pembelian selanjutnya juga minimal IDR 250K. Ada fasilitas autoinvest juga. Dan yang sedang jadi best seller adalah RD campuran syariah nya + ada RD saham yang katanya kinerjanya lagi bagus banget.

Kalau di Man*life, yang jadi andalan mereka adalah RD saham syariahnya. Nggak nyangka ternyata kinerja RD syariah banyak yang oke. Hampir semua RD-nya bisa dibeli ‘hanya’ dengan IDR 100K. Kecuali RD pasar uang yang minimum pembeliannya IDR 10.000K alias sepuluh jeti. Ada fasilitas autoinvest juga kerjasama dengan BC*. Sebenarnya yang saya tau, RD sahamnya juga lumayan nge-hits deh. Cuma entah kenapa kemarin itu mereka nawarinnya langsung RD saham syariah.

Salah satu yang membuat saya agak penasaran adalah P*nin. Tentu saja penasaran dengan the famous PDM itu. Secara sering masuk jajaran RD terbaik dari tahun ke tahun. Ternyata bisa autoinvest juga, dengan minimum pembelian rata2 IDR 250K. Dan sepertinya mereka akan meluncurkan satu produk RD baru dalam waktu dekat. Setelah datang ke booth-nya, kok saya malah jadi tertarik sama RD syariah-nya yaa..

Masih banyak banget booth2 lain: Dan*reksa, Tr*meg*h, Schr*d*r, B*ha*a, S*narm*s, M*C dll. Ada nih brosurnya numpuk untuk dipelajari *halah. Sempet juga sih, mampir ke booth bank M*ndiri minta list ‘supermarket’ reksa dana mereka. Kali2 aja ada yang baru. Dan beberapa MI ada juga yang menetapkan minimum pembelian yang lumayan gede. Di salah satu MI, minimum pembelian RD saham nya sepuluh juta rupiah dan kalau mau top up juga harus minimal senilai itu. Kayaknya langsung dicoret deh kalau yang ini, ya maklumlah masih investor recehan inih 😛

NAB seluruh RD ini bisa dilihat di infovesta ya. Bisa di cek juga kinerjanya selama 1 atau 3 tahun terakhir, meskipun kinerja masa lalu bukan jaminan kinerja masa depan ya. Salah satu tips dari fin planner kondang di jagat twitterland kalau mau pilih RD adalah cek terutama di tahun2 kritis alias tahun2 jeblok, antara lain 2008. Kalau tips dari seorang teman sih, tanya aja ke CS nya mana yang paling banyak dibeli orang 😛

Selamat pilih2 RD and Happy investing !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s