Banjir (lagi)

Halooo…selamat tahun baru #telaaaaaat. Semoga tahun ini semakin berlimpah berkah dan rejeki…

Udah sekitar 3 hari ini berita di koran, tivi dan berbagai media lainnya ngebahas soal banjir yang (lagi2) melanda Jakarta. Yang konon katanya siklus 5 tahunan. Oh yeeeaah..selamat menghadapi banjir 5 tahunan Jabodetabek!! Bahkan saya dengar, beberapa daerah yang 2007 lalu tidak banjir sekarang kebanjiran, dan yang biasa kebanjiran lebih parah banjirnya 😦

Jadi inget sekitar 6 tahun yang lalu, tahun 2007 pas banjir besar melanda Jakarta. Waktu itu saya masih berkantor di daerah Daan Mogot. Dari rumah di Pondok Gede saya nebeng papa yang kebetulan berkantor di Slipi. Dari JDC Slipi nyambung naik Kopaja. Sampai perempatan Tomang, udah macet cet cet nggak bisa jalan. Akhirnya saya jalan kaki dong bersama puluhan orang lainnya yang juga mau berangkat kerja. Waktu itu beneran deh nggak ada firasat bakal banjir gede meskipun semalaman memang hujan sih.

Sampai di Grogol banjiiir sodara2…kira2 setinggi setengah lutut orang dewasa lah. Mobil2 nggak bisa jalan. Ya emang sih selama di perjalanan saya nggak sempet denger radio atau apapun lah info tentang adanya genangan air di jalan. Jaman itu twitter belum nge-hits deh ya. Wadooh alamat gak bisa sampe kantor ini mah. Akhirnya dari atas jembatan penyeberangan di depan Mal Ciputra saya cuma bisa ngeliatin jalanan yang banjir. Terus sms ke bos bilang kalo saya kejebak banjir dan gak bisa nyampe kantor.

Saya bingung gak tau harus gimana, mau puter balik pun gak ada kendaraan (umum) yang lewat, ya kecuali saya jalan kaki lagi balik ke arah Tomang. Akhirnya saya tunggu sampai jam 9, terus saya turun dari jembatan daaaan..masuk ke mal. Hahaaa…abis saya liat banyak mbak2 yang masuk ke mal Ciputra ya udah saya ngikut aja :P. Nggak taunya tuh mbak2 emang kerja di mal. Masuk mal masih sepi, gelap, toko2nya baru mau siap2 buka. Celingak celinguk bengang bengong di mal akhirnya pas mal buka jam 10an langsung lah saya cuuus ke Gramedia numpang baca buku. Ya abis, ke kantor gak mungkin, mau pulang pun rencananya saya mau nebeng papa lagi yang saat itu masih ngantor. Udah gak tau lagi deh tuh di luar sana keadaannya kek gimana 😛

Ternyata papa saya telpon dan bilang beliau mau pulang jam 12an. Ya sud, gak lama2 di mal, saya jalan balik ke arah Tomang. Dari Tomang untungnya masih kebagian bis tuh (semua angkutan umum menuju Grogol dan Daan Mogot waktu itu cuma bisa sampe Tomang dan putar balik, itupun jarang banget ada bis) . Turun di Slipi nyamperin ke kantor papa dan akhirnya jam 12 an atau jam 1an gitu (lupa) kita pulang ke rumah.

Selesai ceritanya? Beloooon. Perjuangan pulang ke rumah masih panjang ternyata. Masuk tol dalam kota tiba2 macet dan berhenti total aja. Tiap setengah jam paling cuma jalan beberapa meter. Sampe maghrib masih di Gatsu. Ternyata Cawang bawah banjir, kendaraan gak bisa lewat makanya macet sampai kemana2. Akhirnya kita ke arah Tanjung Priuk, keluar tol di daerah Utan Kayu, putar balik dan masuk tol lagi di Rawamangun. Sukses sampai rumah jam 9 malam! Dan setelah itu kantor saya libur sekitar seminggu hahahaaaa….

Makanya begitu dengar dan lihat berita soal Jakarta yang masih waspada banjir di awal 2013 ini, duuuuh beneran deh saya berdoa semoga semuanya baik2 aja ya. Yang ke kantor naik mobil, motor ataupun kendaraan lainnya hati2 ya #waspadapohontumbang. Yang di rumah juga semoga sehat2 di tengah kondisi cuaca yang galau ini. Kalau gak penting2 amat kayaknya mendingan stay at home for good deh

Oiya, kebetulan saya follow Marco Kusumawijaya @mkusumawijaya dan mengikuti twit2 beliau tentang banjir Jakarta. Dan agak ‘gatel’ untuk mengutip salah satu twit beliau “Curah hujan pembanjir ini hanya ½ dr ketika banjir besar th 2007. Jadi,jangan ngeles lagi. Tk mungkin kita terus membangun dg cara skrg”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s