Floating Market, Lembang

Salah satu tempat wisata yang dekat banget dari hotel waktu saya nginap di Lembang adalah Floating Market Lembang ini. Jaraknya hanya sekitar 200m dari hotel. Jalan kaki juga bisa ini sih. Tapi parkiran mobilnya agak masuk ke dalam sih. Lumayan juga kalau harus jalan kaki siang-siang. Lokasi Floating market Lembang ini terhitung masih di tengah kota Lembang, dekat dengan Pasar Lembang. Ada kok papan petunjuk jalannya.

Karena kelamaan leyeh-leyeh di hotel, kami baru sampai di lokasi sekitar jam setengah 12 siang. Meski Lembang hawanya (katanya) sejuk, tapi kalau jam segitu ya panas mataharinya juga gak santei 😛 . Pas masuk, yasalaaam ramenyaaa…sepertinya tempat ini sudah jadi tempat wisata sejuta umat untuk yang lagi jalan2 ke Lembang. Konon Floating market ini awalnya adalah danau/situ yang lalu dibangun menjadi tempat wisata. Masyarakat sekitar menyebutnya Danau/Situ Umar.

Tidak seperti floating market di Banjarmasin di mana penjual dan pembeli sama-sama bertransakasi di atas kapal, di floating market Lembang ini hanya penjual yang berada di atas kapal. Ya memang floating market di Lembang ini konsepnya adalah tempat wisata, bukan tempat berdagang. Pedagang yang berada di atas kapal diatur berjejer dengan rapi. Transaksi dilakukan dengan menggunakan koin khusus pecahan 5.000 – 100.000 rupiah. Tempat penukaran koin terdapat di beberapa lokasi di area floating market ini. Saran saya, tukar dengan pecahan 5.000 dan 10.000 secukupnya saja karena koin ini kalau sisa tidak bisa dikembalikan lagi. Kalau kurang, tinggal tukar lagi. Koin tidak memiliki masa kadaluarsa sehingga bisa dipakai lagi kalau kapan-kapan mampir ke sini lagi.

Jenis makanan yang di jual disini beragam mulai dari makanan ringan, semi berat sampai makanan berat pun ada. Harga makanan antara IDR 5K-35K. Rasanya sih yaa..standar lah. Sepertinya kita makan di sini memang untuk “beli suasana’. Jadi, menurut saya harga makanan agak overpriced. Eh tapi ada juga beberapa resto di sini yang makanannya gak sempat saya cobain. Suasana resto nya sendiri cukup cozy ala pedesaaan dengan bangunan berbentuk joglo. Selain resto, ada juga beberapa factory outlet, juga toko souvenir.

Di sini juga terdapat Kampung Leuit. Di Kampung Leuit ini terdapat sawah (sepertinya buatan) dan beberapa kebun sayur organik. Selain itu, di sini pun ada semacam pemancingan untuk menangkap belut. Selain itu kita bisa juga memberi makan angsa (di Taman Angsa), memberi makan kelinci (di Taman Kelinci), memberi makan ikan, petik strawberi, atau keliling danau dengan menggunakan kano. Kalau bawa anak kecil pasti senang main ke sini. Kalau capek jalan-jalan dan mau leyeh-leyeh, terdapat gazebo yang tersebar di area floating market yang bisa disewa. Terdapat pula fasilitas musholla.

IMG_3775 copy   IMG_3762 copy

 

IMG_3754 copy

IMG_3753 copy

IMG_3773 copy

IMG_3771 copy

Menurut saya, tempat ini cocok untuk wisata keluarga dengan membawa anak-anak. Kalau untuk saya yang waktu itu rombongannya orang dewasa semua, tempat ini dirasa kurang ‘seru’. Sebenarnya asik sih untuk jalan-jalan muter-muter di area yang cukup luas ini. Tapi kebetulan waktu kami ke sana itu sudah siang dan pas weekend. Panas terik ditambah orang yang padat sampai susah berjalan, membuat mood untuk keliling menikmati tempat ini luntur seketika hahaa..Jadi kami di sana cuma makan2 cemilan sebentar, keliling sebentar dan pulang J Oiya, floating market ini juga tempat yang oke untuk foto2 #uhuk.

Floating Market Lembang
Jl. Grand Hotel Lembang 33E
Bandung
Tiket masuk:

  • IDR 10k/orang (tiket masuk bisa ditukar minuman: lemon tea/cappuccino/milo)
  • IDR 5k/mobil

Jam operasional:

  • Senin-Kamis: pukul 10.00-17.00
  • Jumat-Sabtu: pukul 09.00-20.00
  • Minggu: pukul 08.00-20.00

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s