Mendadak Monas

Setelah keliling-keliling Jakarta sama #MpokSiti, tiba-tiba kepikiran untuk mampir ke salah satu tempat wisata yang dilewati bus wisata @citytourjakarta ini. Pilihannya 2: Museum Nasional (Museum Gajah) atau Monas. Akhirnya saya memutuskan untuk ke Monas aja lah. Saya terakhir ke Monas jaman SMP kali ya. Karena pas weekday harapannya sih Monas gak terlalu ramai.

Masuk ke Monas itu untuk yang nggak ngerti bisa jadi cukup ‘drama’. Pertama, nyari pintu masuk ke kawasan Monas-nya. Untuk yang bawa kendaraan (motor,mobil,bus) bisa parkir di parkiran IRTI (Jl. Medan Merdeka Selatan). Untuk yang naik kendaraan umum (TransJakarta TJ) bisa turun di halte Monas (Jl. Medan Merdeka Barat) tapi jalan kakinya cukup jauh kalau turun di sini. Banyak yang suka terkecoh. Kalau naik TJ, naiklah jurusan Harmoni-Pulo Gadung dan turun di halte Gambir. Setelah masuk pelataran Monas, drama selanjutnya adalah…di mana pintu masuk Monas-nya?? Keliling muter-muter sambil tanya petugas, untuk masuk ke Monas hanya bisa lewat terowongan bawah tanah. Sayang ya, landmark Jakarta tapi petunjuk masuknya kurang jelas.

IMG_3826 copy

Ternyata perkiraan saya kalau Monas bakal sepi karena weekday adalah salah sodara-sodara. Setiba saya di Monas, banyak rombongan anak sekolah yang juga lagi piknik. Naseeeeb…mau naik ke puncak Monas aja antrinya alaihim gambreng :(Mana panas pulak 😦  Mengamati dan nguping obrolan sesama pengunjung di kanan-kiri-depan-belakang, rata-rata adalah keluarga dari daerah yang lagi liburan, anak sekolah yang lagi karyawisata atau turis mancanegara.

Setelah satu jam lebih ngantri, akhirnya sampai juga di depan lift yang menuju ke puncak Monas. Kapasitas lift kira-kira 10 orang + 1 orang operator lift. No wonder antrian ke puncak Monas segitu panjangnya. Dari pelataran puncak ini, kita bisa lihat pemandangan Jakarta dari berbagai penjuru. Ah ini dia yang dicari. Liat pemandangan Jakarta dari atas. Ada juga teropong di 4 sudut ruangan yang bisa dipakai. Tapi kualitasnya ya gitu deh. Mungkin karena teropong lama dan harus diservis. Cuma sekitar 5-10 menitan di puncak, saya sudah berada lagi di antrian pengunjung yang mau turun 🙂 , mau menuju ke museum di lantai bawah tanah aja.

IMG_3835 copy

IMG_3834 copy

monas1

Pemandangan dari pelataran puncak Monas bias diliat di bawah ini…

IMG_3832 copy

IMG_3831 copy

IMG_3830 copy

IMG_3829 copy IMG_3828 copy

IMG_3827 copy

Kalau ada yang belum tau, Monas terdiri dari 3 bagian: lantai dasar, cawan, dan puncak. Sementara ruangannya terdiri dari Museum Sejarah Nasional yang letaknya di lantai bawah tanah, ruang Kemerdekaan dan pelataran puncak Monas.

dari pelataran cawan Monas

dari pelataran cawan Monas

Museum Sejarah Nasional berisi diorama-diorama yang terdiri dari 4 sisi, menceritakan sejarah bangsa Indonesia dari mulai jaman manusia purba sampai ke masa pembangunan. Ruangan di bawah tanah ini cukup besar, langit-langit nya pun tinggi, gegoleran di lantainya juga bisa. Tapi suasananya itu loh..dari dulu gak berubah, gelap remang-remang. Di ruangan ini tersedia juga toilet dan musholla.

Dari lantai bawah tanah, naik ke lantai dasar, terus naik lagi ke lantai berikutnya sampailah di ruang Kemerdekaan (Independence Hall). Seharusnya ini adalah ruang hening/meditasi. Saya hanya berkeliling dan duduk sebentar di sini. Maka seluruh ruangan di Monas dari bawah sampai puncak sudah saya jelajahi dan selesailah perjalanan saya di Monas ini.

 

Monumen Nasional (Monas)
Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-15.00 (Senin terakhir tiap bulan tutup untuk perawatan)
Tiket masuk:
• Pelataran cawan: IDR 5K (dewasa), IDR 3K (mahasiswa), IDR2K (anak-anak)
• Pelataran puncak: IDR 10K (dewasa), IDR 5K (mahasiswa), IDR2K (anak-anak)
Jadi orang dewasa untuk naik sampai puncak total tiket masuk IDR15K

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s