Tangkuban Perahu

Alasan kenapa saya dan teman-teman memilih menginap di Lembang waktu jalan-jalan ke Bandung kemarin adalah agar dekat kalau mau jalan-jalan ke daerah Bandung utara. Salah satu tempat wisata alam yang bisa dikunjungi di sini tentunya Tangkuban Perahu (dialek Sunda nyebutnya Tangkuban Parahu). Dari hotel tempat kami menginap di dekat Pasar Lembang, jarak Tangkuban Perahu kira-kira 10km. Dengan jalan (santai) yang naik turun berkelok-kelok termasuk melewati hutan pinus dan kebun teh, perjalanan bisa ditempuh kurang lebih setengah jam.

Banyak pilihan penginapan di sekitar Tangkuban Perahu dari mulai resort dan hotel berbintang sampai penginapan-penginapan sederhana. Dalam perjalanan menuju Tangkuban Perahu, kami melewati penginapan dan bumi perkemahan Cikole. Dari Tangkuban Perahu juga bisa kalau mau berlanjut ke pemandian air panas Ciater, Subang.

Dengan sedikit ke-soktau-an, kami berangkat setelah Subuh dengan niat mau liat sunrise di Tangkuban Perahu. Perjalanan lancar jaya sampai akhirnya tiba di pintu masuk Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu. Dan pagi-pagi buta gitu tentu saja pintu masuknya masih tutup dongย  ๐Ÿ™‚ Pintu masuk baru dibuka jam 7 pagi. Tapi sebelum jam 7 pun, sudah ada beberapa mobil dan motor yang antre untuk masuk. Untuk yang mau tau jam kunjungan (biar gak salah seperti saya kemarin) dan harga tiket masuk ke TWA Tangkuban Perahu, nih sila liat sendiri (harga awal Mei 2014).

IMG_3678 copy

Dari pintu masuk kawasan TWA Tangkuban Perahu, masih harus menempuh jalan naik turun melewati hutan sekitar 3-4km lah sebelum akhirnya kami sampai di parkiran Kawah Ratu. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat area outbound. Tapi saya nggak mampir dan liat tempat outbound nya seperti apa. Kawah Ratu adalah kawah terbesar yang ada di Tangkuban Perahu. Selain Kawah Ratu, yang terkenal adalah Kawah Upas dan Kawah Domas. Tapi untuk sampai ke kedua kawah tersebut harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang lumayan jauh jaraknya.

IMG_3687 copy

Kawah Ratu

Dari parkiran Kawah Ratu, kami susuri aja jalan setapak menuju ke atas. Kabut masih sedikit menghalangi pandangan kami. Buat yang jarang olahraga, percayalah jalan ke atas ini akan bikin ngos2an. Bau belerang gak terlalu menyengat tapi cukup tercium. Saya terakhir kali ke Tangkuban Perahu waktu SD atau SMP ya. Dan sekarang udah lumayan bagus ya. Dulu perasaan pinggiran kawahnya cuma dipagari kayu dan jalan setapaknya belum bagus dan rapi gitu. Udara cukup dingin sampai perlu memakai jaket atau sweater. Karena masih pagi, masih nyaman untuk berjalan-jalan karena matahari belum terik dan belum banyak orang. Pedagang juga belum terlalu banyak yang datang. Ada sih beberapa pedagang makanan. Dingin-dingin begitu enaknya memang makan jagung rebus atau mie rebus atau kopi/teh/susu panas ya ๐Ÿ™‚ Parkiran waktu itu juga relatif kosong. Enak lah pokoknya.

Kawah Ratu dari sisi lain

Kawah Ratu dari sisi lain

IMG_3716 copy

IMG_3712 copy

IMG_3680 copy

Selesai menyusur ke atas, kami turun dan coba menyusuri Kawah Ratu dari sisi yang lain. Yang bisa dinikmati di sini ya pemandangan kawah dengan dasar yang (waktu itu) berwarna turquoise. Uap belerang menguar dari dalam kawahnya. Di sekeliling terdapat pemandangan hamparan kebun teh yang lumayan menyegarkan mata. Lumayan untuk obat kangen buat yang rindu suasana pegunungan. Dan karena waktu yang terbatas, kami hanya sempat menyusuri sekeliling Kawah Ratu saja. Padahal, kalau sempat ke Kawah Domas atau Kawah Upas, bisa rendam kaki di air belerang hangat atau merebus telur ๐Ÿ™‚ย . Kalau mau irit bawa telur sendiri *niaaat. Karena konon katanya beli telur di pedagang sekitar kawah cukup mahal. Ya iya sih namanya juga daerah wisata.

Begitu agak siang dan pengunjung mulai ramai, kami langsung meninggalkan kawasan Tangkuban Perahu dan kembali ke Lembang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s