Sehari di Kota Tua (dari #KTCF2014)

21 Juni 2014 saya datang ke event #KTCF2014 alias Kota Tua Creative Festival yang dipusatkan di Taman Fatahillah. Event-nya sih 21-22 Juni 2014 tapi saya ke sana di hari Sabtu-nya tanggal 21. Udah lama juga nggak ke Kota Tua dan kok pas yaโ€ฆpas ada event dan pas saya juga pengen tur ke museum2 di Kota Tua.

Kebetulan akses kendaraan umum ke Kota Tua kan gampang ya. Kalau saya cukup naik TransJakarta dari Pinang Ranti, kemudian ganti koridor melewati jembatan-busway-terpanjang-di-dunia yaitu halte Semanggi dan naik TJ koridor I Blok M-Kota dan turun di halter terakhir yaitu halte Kota. Jadilah pagi-pagi jam 8 saya sudah sampai di Taman Fatahillah.

Demi apaaa gw sepagi itu dah sampe Kota Tua??? Demi ikutan Museum Walk yang diadakan #KCTF2014 kerjasama dengan Komunitas Historia Indonesia (KHI). Kan saya sudah bilang pengen tur ke museum2 di Kota Tua. Tapi kan asa males ya kalo sendirian. Belum lagi museum2 di Kota Tua kan bangunannya adalah bangunan tua peninggalan Belanda. Jadi kayaknya rada2 spooky gitu gak sih? Jadi kan mendingan ke sana rame2 ๐Ÿ™‚ย makanya daftarlah saya buat ikutan Museum Walk ini.

Setibanya saya di Taman Fatahillah, udah disambut instalasi layang-layang berbagai warna. Kalau diperhatikan, di layang-layang plastik ini terdapat tulisan pesan-pesan dan harapan warga untuk Jakarta yang juga sedang berulang tahun. Waktu saya sampai, suasananya masih rada sepi sih. Kayaknya panitianya masih siap2. Akhirnya saya keliling2 sekitar taman. Seneng ya, liat Kota Tua mulai berbenah. Beberapa bangunan sudah dan ada yang sedang direnovasi. Tujuan #KCTF2014 ini salah satunya agar warga Jakarta bisa mengeksplorasi dan mengangkat kawasan Kota Tua sebagai salah satu warisan berharga. Kota Tua ini dulunya adalah pusat kota Batavia. Dan Kota Tua ini sebenarnya punya banyak potensi tapi terlupakan dan terbengkalai. Kota Tua ini bisa jadi tempat wisata sejarah, budaya dan bisa jadi kawasan perekonomian juga.

Konon katanya sekitar 85 bangunan tua di kawasan Kota Tua akan direnovasi. Keren nih kalau Kota Tua nantinya bisa jadi tempat plesiran dan hang out yang cozy ๐Ÿ™‚ . Sejauh ini sih di Kota Tua ini kita bisa keliling2 naik sepeda ontel sewaan, makan2 di kafe2 sekitar atau foto2 sama manusia batu. Beberapa area di Kota Tua merupakan kawasan bebas kendaraan bermotor. Semoga suatu saat nanti Kota Tua bisa menjadi kawasan wisata sejarah yang keren dan nggak kalah dengan kota2 tua lain di dunia.

Makin siang makin panas tapi makin rame. Ya mungkin karena pas juga dengan masa liburan sekolah. Di #KTCF2014 sendiri banyak acara2 menarik: pameran seni & arsitektur, stan2 produk kreatif, ekskursi, hiburan/kesenian Betawi bahkan kita bisa masuk ke beberapa gedung tua yang selama ini tidak terbuka untuk umum. Acara hiburan dan kesenian ada di panggung depan Museum Sejarah Jakarta, stan2 tersebar di sekitar Taman Fatahillah sedangkan pameran/instalasi seni dan arsitektur diadakan di beberapa gedung tua di kawasan ini.

Behubung setengah hari udah kepake ikut Museum Walk, saya nggak sempat keliling liat2 stan nya ada apa aja. Satu yang pengen saya datengin tapi nggak sempat adalah instalasi bambu di gedung Samudera karena letaknya lumayan jauh. Kalau mau eksplore Kota Tua sampai puas memang perlu waktu sehari penuh deh plus betis yang prima karena capek bok jalan-jalan keliling Kota Tua (tapi sebenernya bisa deng nyewa sepeda ontel plus pake topi ala noni2 Belanda gitu).

IMG_3845

IMG_3846

IMG_3842

Suasana Taman Fatahillah...masih pagi masih agak sepi

Suasana Taman Fatahillah…masih pagi masih agak sepi

IMG_3848

View dari lantai 2 Museum Sejarah Jakarta

View dari lantai 2 Museum Sejarah Jakarta

 

Sebagian bangunan tua ada yang sudah dan sedang direnovasi

Sebagian bangunan tua ada yang sudah dan sedang direnovasi

Salah satu bangunan tua yang sedang direnovasi

Salah satu bangunan tua yang sedang direnovasi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s