Independence Day Run 2014

Minggu lalu saya ikutan run race Independence Day Run 2014 #IDR2014 yang start-nya dimulai di Istana Merdeka dan dilepas Pak SBY. Ada 2 kategori yaitu yang jarak 8km dan 17km. Saya ikut yang kategori ‘cemen’ aja lah 8km (kalau ada yang 5km pasti saya pilih 5km :p).

Ini merupakan run race pertama saya #tutupmuka #kemanaajacyin. Daftarnya udah dari awal Agustus kalau gak salah. Pendaftaran lancar dan saya langsung dapat email konfirmasi untuk di-print dan dibawa waktu pengambilan race pack. Pengambilan race pack di fx Senayan pun lancar. Untuk ukuran event gratisan, pengambilan race pack rapiiiih banget. Meski pas saya datang antrian udah panjang mengular, but I got my race pack in less than 10 minutes!! Bahkan ada helpdesk yang siap bantu kalau2 ada yg bermasalah dalam pendaftaran.

Dengan kondisi nggak sempat latihan sebelum lomba ini sayaΒ ngarep bisa dapet 1 medali dari 10.000 medali yang disediakan #ambisius. Dan semalam sebelum lomba saya susah tidur antara excited plus takut telat bangun hahaaa..Perjuangan dimulai keesokan harinya dengan bangun jam 4 pagi, siap2 sambil nunggu azan subuh. Setelah sholat subuh langsung cabut janjian sama teman saya Dipta trus boncengan naik motor ke kosan teman kami Era di Kuningan. Sampai sana taksi udah menunggu dan Alhamdulillah banget jam setengah 6 lewat udah sampai Monas. Dan ternyata udah rame cyiiin. Antrian masuk ke parkiran di Gambir pun udah panjang.

Berhubung event-nya melibatkan VVIP, untuk menuju titik start saya harus melewati metal detector. Tas2 pun diperiksa petugas. Kami bertiga (saya,Dipta,Era) jalan ngikutin aja orang2 yang juga mau lari. Jam 6 teng diadakan upacara bendera, kemudian langsung deh Pak SBY melepas peserta lari.

Masih awal2, saya masih semangat lari dooong. Sempet liat Pak Dahlan Iskan ikutan lari ditemani 3-5 orang (mungkin) ajudan2nya. Selama lari saya nggak maksain diri sih. Cukup tau diri memang jarang lari dan nggak sempat latihan menjelang lomba. Kalau napas atau kaki udah nggak kuat, ya berhenti dan lanjut dengan jalan (agak cepat). Trus lanjut lari lagi. Begitu seterusnya jalan lari jalan lari #capekdeh. Di antara peserta banyak yang tentara loh. Ya jelas aja mereka kuat2 larinya. Saya udah ngos2an keabisan napas, eh mereka malah lari sambil ketawa2 + ngobrol sama temennya :p

Sampai Bundaran HI banyak peserta yang udah muter #tepokjidat. Padahal itu belum ada 3km deh. Saya sempet pengen juga sih :). Tapi yaelah namanya olahraga ya musti sportif dong ah. Jangan motong2 rute gitu. Meski dalam hati mikir ‘Ini kapan yak muternya??kagak nyampe2 coy’ :p

Selama lari 8km ada 2 water station. Dan di water station ini juga ada petugas yang langsung ngumpulin gelas2 bekas minuman kita. Sebagai peserta ya kita tau diri n support aja untuk buang gelas bekas minum gak jauh2 dari water station supaya nggak nyampah kemana2. Saya juga berusaha gak kebanyakan minum selama lari.

Nggak terasa (eh terasa deng) udah di km 4 ajah dan ada checkpoint-nya. Km 4 sekaligus checkpoint sekaligus tempat berputar ini ada di depan Chase Plaza. Mulai dari sini saya beneran udah jalan aja lah. Nggak kuat lari hahaa…#payah. Begitu sampai di km 7, saya semangat pengen lari nonstop sampai finish tuh. Tapi ternyata baru juga lari 100an meter, udah nggak kuat bok dan akhirnya lanjut jalan lagi mwahahaa…

Dan akhirnya saya masuk garis finish dalam waktu 1jam 25 menit untuk 8km #memalukan. Nah disinilah terjadi rebutan medali. Saya nggak tau deh saya termasuk 10.000 finisher pertama atau nggak. Mungkin banyak juga yang masuk finish nya barengan. Tapi yang jelas ada insiden rebut2an medali gitu dan akhirnya saya sih nggak kebagian medali. KZL deh! Pembagian 10.000 medali-nya nggak rapih. Pas bagi2 pisang n air mineral setelah finish pun agak rusuh. Nggak seperti pengambilan race pack yang asli tertib bener.

Selain pelari 8km dan 17km, di #IDR 2014 juga ada pelari jarak jauh (banget) 178km yang start dari Bandung 2 hari sebelumnya. Plus tough warriors yang lari 17km sambil membawa 17kg alat2 perang gitu lah #hormatkungfu.

IDR2014_2

Foto kiri atas by Era, lainnya koleksi pribadi

IDR2014_1

photo by Era

Oiya, di Silang Monas yang jadi tempat finish #IDR2014 banyak terdapat stan-stan kuliner. Plus ada panggung untuk pesta rakyat juga. Saya sih nggak sempat ke stan kuliner dan pesta rakyatnya. Cuma sempat liat atraksi terjun payung dan formasi pesawat tempur. Udah kepanasan + badan lengket keringetan jadi pengennya cepet2 sampe rumah.

Yah mudah2an debut ikutan run race ini memotivasi saya untuk rajin lari lagi dan meningkatkan performa lari saya #halah. Meski gak berhasil dapet medali, but I’m a happy finisher anyway…

Leave a Reply

