Taman Aquarium Air Tawar TMII

Plesiran ke sini sih sebenernya udah di awal bulan ini, tapi baru cerita sekarang. Dan sebenernya ini plesiran dadakan juga.

Bangunan taman aquarium ini ada 2 lantai, dikelilingi semacam danau atau kolam besar. Pas di pintu masuknya kita bisa kasih makan ke ikan2 yang ada di kolam itu. Makanan ikannya beli sih, 2000 rupiah untuk sebungkus kecil. Tiket masuk ke sini termasuk juga tiket ke Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu yang bangunannya ada di sebelahnya. Untuk anak-anak, harga tiket bukan berdasarkan umur tapi berdasarkan tinggi badan. Tinggi badan di bawah 80cm gratis masuk ke sini.

IMG00976-20141102-1112 copy
Koleksi yang ada di sini IMHO cukup lengkap. Jenis-jenis ikan air tawar dari mulai lele, cupang sampai ikan salamander ada di sini. Koleksinya juga nggak cuma ikan, tapi juga spesies2 air tawar lainnya. Ada kura-kura, bulus, belut, roa. Menarik sih terutama kalau ada ikan-ikan unik yang belum pernah kita liat. Saya cukup takjub juga liat belut listrik yang gede banget. Ikan lele dan ikan-ikan lain yang biasa kita makan itu juga ternyata bisa ya dipelihara sampai ukurannya gede bener gitu.

AAT
Di sini juga ada taman buatan dengan air mengalir ke kolam. Mungkin maksudnya semacam miniatur ekosistem air tawar gitu ya. Selain itu ada juga teater film 4 dimensi. Tapi saya kurang tertarik untuk nyobain studio 4D nya.

IMG00947-20141102-1052 copy
Sayangnyaย ambience ruangan di sini agak gimana gitu. Bangunannya bangunan lama. Dinding dan plafond dicat warna gelap, trus penerangan remang-remang. Sebenarnya cat gelap dan penerangan redup ini maksudnya kan biar koleksi2 nya bisa lebih ‘keliatan’ dan ter-blow up #halah bahasa gw. Tapi karena bangunannya lama + gelap + di dalam rada panas jadi agak kurang nyaman gitu. Terus kaca aquarium nya banyak yang kotor deh. Sedikit di bawah ekspektasi saya mengingat harga tiketnya yang lumayan itu.

Oke habis dari sini, saya lanjut ke Museum Serangga. Bangunannya sih nggak terlalu besar. Isinya berbagai jenis serangga dari mulai kupu-kupu sampai tomcat pun ada! Yang menarik di sini ada peta serangga dan peta kupu-kupu di Indonesia. Juga ada kumbang-kumbang dengan berbagai ukuran yang dikomposisikan hingga membentuk display di dinding yang cukup menarik. Untuk ngubek-ngubek museum ini sih 20-30 menit cukup lah.

MS2
MS1

IMG00977-20141102-1114 copy

IMG00987-20141102-1118 copy

IMG00980-20141102-1115 copy
Selesai dari sini, sebenernya masih ada Taman Kupu-kupu, tapi saya skip di sini, cuma numpang lewat aja dan sempat liat satu kandang berisi kelelawar ๐Ÿ™‚

Taman Aquarium Air Tawar TMII
Jam operasional: setiap hari 08.30-18.00
Harga tiket : IDR 25k (sudah termasuk tiket ke Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s