(Akhirnya) Ikea Alam Sutera

Seperti halnya #GolonganMenengahNgehe lainnya, saya juga penasaran sama si Ikea ini. Tapi saya emang gak mau buru2 ke sana, mau tunggu sampai euphoria-nya reda dan gak terlalu crowded di sananya.

Dan akhirnya saya berkesempatan ke sana weekend lalu. Jauh yaaa dari rumah saya di Pondok Gede ๐Ÿ™‚ Masuk tol dalam kota terus ambil yang arah Kebon Jeruk/Merak dan keluar di exit tol Kunciran/Alam Sutera. Kalau jalanan lancar dan nyetir kecepatan normal sekitar 1 jam lah. Keluar tol udah keliatan sedikit gedungnya yang warna biru gonjreng. Tinggal ikutin jalan terus memutar dan si Ikea ini ada di sebelah kiri jalan. Saya sampai di sana jam 10 lewat dikit. Parkiran masih relatif kosong tapi ternyata begitu masuk ke dalam udah banyak orang aja dong.

IMG_4068

Konsep Ikea ini kan agak beda ya dengan konsep toko2 furniture pada umumnya. Begitu masuk, kita diarahkan untuk ke lantai 2. Lantai 2 ini isinya showroom. Semacam mock up interior ruangan yang isinya produk-produk Ikea. Contohnya, buat yang nggak kebayang cabinet ukuran sekian plus sofa 3 seater ukuran sekian plus meja ukuran sekian โ€˜dimasukkanโ€™ ke ruangan sebesar misalnya 15m2 bakal seperti apa penampakannya, bisa tuh diliat di mock-up nya ini. Alur sirkulasi pengunjung dibuat sedemikian sehingga kita bakal menyusuri semua area di sini. Alur sepertinya didesain searah sehingga kalau kita mau โ€˜mundurโ€™ untuk liat koleksi yang sudah dilewati jadi agak merepotkan. Area semacam dibagi per-zoning ruangan: living room, dining room, kitchen dst dst.

IMG_4085

IMG_4098

IMG_4122

IMG_4131

Karena alur pengunjung diatur sedemikian, meskipun areanya luas banget dan terasa โ€˜gak abis-abisโ€™, kayaknya gak bakal nyasar sih di dalam sini. Tapi ya gitu karena tokonya luas banget, mau ke toilet aja jauh :p. Refot bok kalau kebelet pipis.

Buat saya sih, keliling-keliling di sini sungguh memanjakan mata dan bisa jadi dapat ide atau inspirasi sih. Gimana cara ngatur tone warna, mengkomposisikan elemen2 di suatu ruangan biar pas nggak terlalu keliatan lowong ataupun penuh, dan juga memanfaatakan ruangan seefisien mungkin tapi tetep cakep dilihat. Di area showroom ini juga lah kita bisa cobain duduk di sofanya, tiduran untuk nyobain bed dan bantalnya dst dst. Menyenangkan lah pokoknya.

IMG_4152

IMG_4077

IMG_4115

IMG_4076

IMG_4120

IMG_4073

IMG_4157

Setelah puas liat2 showroom, di lantai 2 ini juga ada resto-nya. Ikea ini juga terkenal dengan restoran dan makanannya ๐Ÿ™‚ Kemarin pas jam makan siang antrean resto-nya alaihim gambreng panjangnya. Jadi nggak kepengen deh nyobain makanannya. Lupakanlah itu the famous Swedish meatballs. Oiya karena konsepnya adalah self service, habis makan di sini kita seharusnya membereskan sendiri alat-alat makan kita untuk diletakkan di tempat yang sudah disediakan. Beda kan dengan kebiasaan di Indonesia yang abis makan di resto langsung ngeloyor pergi :p

Kemudian, pengunjung diarahkan untuk turun ke lantai bawah ke area market hall. Nah, kalau naksir dengan barang di showroom dan tertarik untuk beli, di sinilah tempatnya. Sekali lagi karena self service, barangnya kita cari sendiri. Makanya untuk area toko seluas itu, pegawainya keliatan cuma sedikit. Keliatannya loooh. Kalau butuh jasa perakitan atau delivery ya akan ada ongkos tambahan lagi. Begitu juga saat bayar di kasir, kita tidak akan dapat kantong plastik. Kalau perlu kantong, kita musti beli.

IMG_4166

IMG_4167

IMG_4181

IMG_4182

IMG_4183

IMG_4187

IMG_4189

IMG_4191

Btw, jumlah kasirnya cukup banyak. Awalnya saya yang akhirnya cuma beli perintilan2 murah meriah mikir ini dengan orang segini banyak pasti antrean di kasirnya juga mengular deh. Udah males aja dan nyaris gak jadi beli. Eh tapi ternyata nggak dong. Antrean di depan saya cuma 2 orang gitu. Entah karena kasirnya banyak atau orang-orang itu memang cuma mau liat2 doang tanpa belanja ๐Ÿ™‚

Di seberang kasir, ada stand makanan kecil untuk yang pengen ngemil2 cantik.

Cukuplah 2 jam muter-muter Ikea sampai puas.

IKEA Alam Sutera
Jl. Jalur Sutera Boulevard No.45
Alam Sutera Serpong 15320
Jam operasional: Senin-Minggu 10.00-22.00
Jam buka restoran: Senin-Minggu 09.30-21.00

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s