NobARS Pendekar Tongkat Emas

Bukaaan…ini bukan spoiler kok…beneran deh 🙂  errrr..tapi bo’ong 😛 spoiler alert ya…dikit sih

Ini acara udah dari akhir Desember lalu sih, tapi baru sempet update sekarang…

Awalnya sih saya nggak tertarik nonton film ini. Ya abis dari trailernya aja keliatan ini film silat2an gitu…aku gak suka ah! Eh tapi tiba2 dari Iluni Ars UI ngadain nonton bareng dong..sama @nicsap dong..trus katanya kalau peserta nobarnya lebih dari 100 orang mbak @MirLes berikut cast lainnya mau hadir dong…Begitu tau lokasi nobar-nya di Kemang Village saya makin nggak tertarik lagi. Bukan apa2, sebagai anak #BekasiPinggir yang di hari H nobar masih harus ngantor sampai sore di Pancoran, saya males ngadepin macetnya Jakarta di malam Natal untuk ke Kemang.

Eh tapi ini kok temen-temen seangkatan saya pada banyak yang ikutan yak. Saya ikutan juga ah dengan niat itung-itung ngumpul2 karena udah lama aja nggak ketemu temen-temen kuliah. Tanpa ekspektasi apa-apa. Terus peserta nobarnya pun nambah terus sampai akhirnya booking 1 studio terus pakai ada waiting list pulak. Baru kali ini gw liat ada nobar yang segitunya sampai pake waiting list segala. Langsung kebayang sih, ini bakal jadi acara nobar yang (kata ABG) petjaaaah…Dan di hari H sepertinya semesta mendukung saya untuk bisa sampai di venue tepat waktu karena Pancoran-Kemang kurang dari 1 jam aja dong #sujudsyukur

Ok,akhirnya saya masuk ke studio dan dapet tempat duduk nomer 2 aja dari depan dong huhuhuuu..tapi hikmahnya saya bisa dapet pemandangan seperti ini dari deket..lumayan deh yee…

photo by Andreas

photo by Andreas

Intro-nya kepanjangan yak..:)

Pas nonton filmnya, karena kebagian tempat duduk nomer 2 dari depan itulah awalnya saya ngerasa pusing yak. Apalagi pas mulai adegan silat dan kamera bergerak berpindah2 dengan cepatnya. Kamera juga banyak men-zoom muka-muka pemainnya. Makin pusing lah saya. Tapi lama kelamaan sih biasa 🙂 Curiga kalo ini adalah trik karena pemain-pemainnya sebenernya silatnya gak jago-jago amat 😛

Mbak @MirLes bilang para pemain di film ini latihan silat selama 8 bulan. Mereka syuting di Sumba dan mengerjakan film ini dengan penuh passion. Dan menurut saya, keliatan sih passion itu. Akting semua pemainnya keren. Christine Hakim atau Reza Rahadian mah nggak usah diragukan lagi ya. Tapi pemain2 lain yang tadinya saya agak underestimate #toyordirisendiri ternyata kualitas aktingnya boleh lah.

Saya bukan penyuka film silat sih, tapi adegan2 silat di film ini bikin mata nggak pengen berkedip deh.  Durasi film yang hampir 2 jam ini bener2 gak berasa. Padahal biasanya saya suka ketiduran di tengah-tengah film kalau filmnya rada kurang asik. Selain itu, properti (bangunan padepokan silat, rumah-rumah penduduk) dan kostum dipikirkan dengan cukup detail. Suka deh liat kostum para pemain yang ada sentuhan khas Indonesia-nya.

Plus dari sisi sinematografi kita dapat bonus pemandangan alam Sumba yang menakjubkan! Bukan hanya pemandangan khas Sumba berupa padang rumput luas berikut kuda2nya. Saya terkesan banget dengan adegan silat di tebing kapur. Tebing kapurnya keren #bedafokus. Belum lagi pemandangan sunset nya. Pokoknya setelah nonton film ini, yakin deh jadi pengen traveling ke Sumba 🙂 Oiya sebenernya film ini juga penuh kata2 filosofi dan quote-qoute menarik.

Sayangnya, pas akhir cerita saya merasa ‘Hah, cuma gini doang nih?’ Endingnya berasa kurang greget gitu. Jurus pamungkas tongkat emas melingkar bumi yang digadang2 adalah jurus paling hebat endebre endebre cuma begitu aja nih? Padahal dari awal sampai menjelang akhir film saya sangat menikmati alur cerita dan adegan demi adegan yang ditampilkan. Meskipun alur cerita menurut perasaan saya nih agak berjalan lambat. Eh tau-tau diselesaikan di akhir film dengan begitu aja.

But eniwei, buat saya film ini adalah salah satu film Indonesia yang layak tonton! (baca: harus ditonton). Buat mamah-mamah muda, katanya mbak @MirLes mau bikin sekuelnya AAdC kalau film ini sukses. Makanya, jangan lupa ditonton ya..mumpung belum turun layar.

Terakhir, boleh ya pasang foto ini ya..:P

IMG-20141225-WA001

photo by Niken

Si @nicsap pasti dalem ati bilang “Ini ya..klo bukan senior (kampus) yang minta poto bareng mah gw juga ogaaah 😛 “  mukanya itu loh..kayak gak hepi gitu poto ama kita hahaa..dulu di kampus perasaan gak ada yang ngajakin poto bareng eh kemaren itu ngantri aja dong yang mau foto bareng dese…

Geng cewek2….

photo by Indri

photo by Indri

Leave a Reply

