Perpanjang SIM di Polres Bekasi

Sebelumnya saya pernah berhasil perpanjang SIM di Layanan Mobil SIM Keliling. Nah trus kemarin itu saya perlu perpanjang SIM lagi nih. Kenapa hobi amat perpanjang SIM? Ya naseb masa berlaku SIM A dan SIM C yang beda hiiks..Oiya, sekarang ini mobil layanan SIM keliling di Pondok Gede udah gak pernah ada lagi nih. Jadi kalau mau saya musti ke daerah Bekasi sonoh. Karena puas dengan layanan mobil SIM keliling, jadilah sebelumnya saya telpon dulu (Hotline SIM keliling Bekasi 021-8841110 atau 081210001175) untuk tanya jadwal mobil nya ada di mana dan hari apa. Ternyata nggak ada jadwal dong! Saya tanya ada jadwalnya kapan lagi, dijawab nggak bisa memastikan dan disuruh telpon lagi aja tiap hari. Weleeh…Akhirnya ya udah lah perpanjang di Polres Bekasi sajah.

Saya sampai Polres pagi-pagi jam setengah 8 lewat. Parkiran di luar udah penuh aja 😦 Pas saya mau masuk, ternyata lagi ada apel dan saya dicegat provost dan diminta cek kesehatan dulu di belakang.

Tahapan-tahapan proses perpanjang SIM yang saya lalui kemarin itu seperti ini..

  1. Siapin fotokopi KTP, SIM asli dan alat tulis. Saya nyiapin fotokopi KTP 5 lembar dan ternyata kepake 4 lembar (2 lembar pas tes kesehatan, 1 lembar pas bayar biaya perpanjang atau pas bayar asuransi agak lupa, 1 lembar pas nyerahin formulir). Mending bawa fotokopi KTP dari rumah meskipun ada layanan fotokopi sih di dekat gedung kesehatan.
  2. Pertama-tama tes kesehatan dulu. Gedung untuk tes kesehatan ini ada di belakang gedung Polres. Jadi begitu sampe langsung aja ke sini. Saya sampai sana jam setengah 8 lewat dan udah ada sekitar 20-an orang yang ngantri meskipun petugasnya belum ada. Jadi, lebih baik datang pagi-pagi. Tes kesehatan standar: ditanya tinggi dan berat badan, tes buta warna dan tes mata. Biaya IDR25K
  3. Setelah itu ke gedung Polres dan dicegat provost lagi. Pokoknya di pintu gerbang selalu ada provost dan untuk yang cuma nganterin doang nggak boleh masuk. Untuk perpanjang SIM ruangannya kalau dari pintu gerbang lurus di sebelah kanan. Tanya2 aja sama polisinya atau ikutin aja petunjuknya. Di sini ke loket BRI untuk bayar biaya perpanjang SIM C IDR 75K, lalu ke loket sebelahnya untuk bayar asuransi IDR30K.
  4. Masih di area yang sama, selanjutnya antri di Loket 1 untuk ambil formulir. Setelah formulir diisi lengkap, serahkan ke Loket 2 untuk dapat nomer antrian untuk foto dan ambil sidik jari.
  5. Setelah itu, antri untuk masuk ke ruang foto. Selesai foto, tunggu aja sampai SIM nya selesai dan nama kita dipanggil.

Gak sampai 10 menit setelah foto…voila nama saya dipanggil dan kelar lah SIM saya. Total biaya IDR 130K dan total waktu yang diperlukan termasuk ngantri dll sekitar 2 jam. Cepet juga sebenernya ya asal mau datang pagi2. Makin siang makin rame. Kemarin pas saya ke sana, itu ruangan untuk ngurus SIM isinya orang semua…penuuuh…beneran deh gak lebay. Mungkin karena menjelang libur akhir tahun. Menurut saya tetep lebih enak di SIM keliling sih: lebih cepat, gak terlalu banyak orang dan calo-less.

3 thoughts on “Perpanjang SIM di Polres Bekasi

Leave a Reply

