Menutup Unitlink

Cuti di akhir tahun lalu saya manfaatkan salah satunya untuk membereskan urusan-urusan yang selama ini tertunda2. Termasuk menutup salah satu unitlink saya. Iyaaa, sebelumnya saya punya 2 unitlink. Mau ditutup salah satunya karena errr…ya nggak cocok aja sama saya. Pernah dulu cerita soal unitlink di sini. Males lah berpanjang lebar soal kontroversi unitlink vs asuransi & investasi terpisah. Kalau ada yang mau tau silakan googling sendiri ya. Intinya saya mau nutup unitlink.

Kebetulan unitlink yang mau saya tutup ini jenisnya single premi. Sudah saya miliki 3 tahun lebih. Ini mah judulnya rada kejebak karena waktu itu saya udah tau loh klo unitlink kurang direkomendasikan oleh kebanyakan independent finplanner. Ah sutralah. Beberapa kali cek jumlah saldonya ya gitu deh, nilai investasinya ‘cuma’ berkembang gak lebih dari 5% selama 3 tahun. Ini masih mendingan loh daripada unitlink saya yang satunya lagi yang sistemnya bayar bulanan. Tapi tetep aja sih memutuskan mau nutup juga maju mundur cantik mulu. sigh

Banyak yang bilang kalau mau nutup unitlink jangan hubungi atau datang ke agen atau salesnya. Tapi langsung aja datang ke kantor pusat-nya. Dengan catatan unitlink nya belum terlalu lama beli ya (dibawah 1-2 tahun CMIIW). Kalau hubungin agen tempat kita dulu buka takutnya dirayu2 biar jangan ditutup karena pengaruh ke sales performance si agen. Nah, di kasus saya karena punya nya udah lebih dari 3 tahun ya saya datengin aja kantor cabang bank tempat saya buka. Udahlah pe de aja karena saya juga udah gak kontak2an lagi sama agennya dan kayaknya tuh agen udah gak di kantor cabang bank sana sih. Unitlink saya ini memang produk bancassurance. Males ah nyebut merk. Tapi kayaknya sih bakal ketebak merk-nya 😛

Dokumen yang harus disiapkan: KTP, buku tabungan (untuk menerima transferan saldo unitlink) dan polis asli. Udah cuma itu aja syaratnya karena unitlink ini tertanggungnya atas nama saya sendiri. Dateng ke kantor cabang bank bagian bancassurance dan bilang saya mau nutup unitlink. Surprisingly mbak yang melayani saya (yang sepertinya agen unitlink juga tapi bukan agen saya) ramah banget. Ya ditanya2 dikit lah kenapa mau ditutup, kan sayang dst dst. Sama sekali gak ada rayu-rayuan ataupun paksaan biar saya mengurungkan niat untuk nutup sih. Ya memang harusnya gitu sih secara dia bukan agen saya sehingga cuma melayani dan ngurus masalah administrasinya aja. Trus dia dengan baiknya mengarahkan saya untuk cek saldo aja dulu mudah2an harga unitnya lagi bagus. Ok, saya cek saldo dulu meskipun saat itu saya udah gak peduli deh saldonya ada berapa. Ternyata mbak ini juga kenal dengan agen saya karena dia sempet komentar “Ooh…si Anu toh..”

Setelah itu, saya diberi formulir pembatalan polis untuk diisi sembari mbak-nya men-fotokopi KTP dan buku tabungan saya. Di form itu juga kita harus menuliskan alas an kenapa kita mau tutup/membatalkan polis. Ini sih kayaknya basa-basi aja deh, saya tulis aja butuh duitnya hahaa..Selesai isi form dan fotokopi dokumen, saya diberi tanda terima. As simple as that prosesnya. Dan saya diberitahu kalau proses sampai saldonya ter-transfer ke rekening saya itu maksimal 14 hari kerja. Baiklah kita tunggu saja. Setau saya sih polis asli dan dokumen lainnya akan dikirim ke kantor pusat untuk diproses.

Nah besoknya, saya ditelepon dari kantor pusat unitlink ini untuk konfirmasi. Saya kan bilang kalau alasan saya mau nutup karena butuh duitnya 😛 Pas konfirmasi ini ada deh ‘rayuan amat sangat halus’ dengan bilang kan gak perlu ditutup tapi bisa diambil sebagian sehingga sisa saldonya masih bisa berkembang dst dst. Tapi tetep dong saya maunya ditutup aja. Akhirnya saya diberi tau bahwa dana akan ditransfer maksimal 7 hari kerja.

Ternyata gak sampai 7 hari kerja dananya sudah ditransfer ke rekening saya. Dana yang ditransfer adalah sejumlah saldo yang ada yaitu harga unit dikalikan jumlah unit. Harga unit yang digunakan adalah harga unit di hari ketika ditransfer. Jadi bisa saja ketika mengajukan pembatalan polis harga unitnya tinggi tapi pas mau ditransfer kebetulan harga unitnya turun atau sebaliknya. Sepertinya sih gak ada potongan biaya apa2 lagi ya.

Legaaaa….satu PR saya selesai di awal 2015 ini. So far menurut saya pelayanan ketika saya mau nutup polis unitlink ini cukup baik. Sama sekali nggak dipersulit. Bahkan perkembangan prosesnya diberitau ke saya lewat sms. Saya di sms ketika pengajuan pembatalan polisnya diterima dan juga ketika dana sudah ditransfer. Tapi maaf2 aja ya, tetep produknya saya nggak ‘cocok’ makanya saya tutup hehe..

 

Leave a Reply

