Basah-basahan di Ocean Park BSD

Sejujurnya, (seinget saya) saya belum pernah main-main ke waterpark. Padahal mah, waterpark sekarang ada dimana2 yak. Bahkan di kota-kota kecil pun udah ada yang punya waterpark. Kalau pengen main air, saya lebih suka berenang serius di kolam renang atau snorkeling sekalian di laut. Tapi berhubung family gathering kantor kemarin venue-nya adalah di Ocean Park BSD, jadi capcuslah kita ke sana.

Jalanan Jekardah di Sabtu pagi emang masih bersahabat banget ya. Tiap hari kek kayak gitu*ngayal. Dari Pancoran sampai BSD sekitar 1 jam aja kakaaak, secara ikutan bis rombongan jadi gak bisa jalan terlalu ngebut juga. Sampai TKP parkiran masih kosong. Parkirannya cukup luas (atau malah luas banget) tapi untuk parkir bis ditempatkan agak jauh dari pintu masuk hiks. Cuma kebayang itu kalau parkirannya penuh pasti di dalem Ocean Park-nya udah kayak cendol.

Begitu jalan menuju ke lobi nya aja udah ada ornamen binatang2 laut. Bangunan lobinya juga berbentuk kapal dengan gambar jangkar di atasnya. Berhubung rombongan, kita lewat pintu masuk khusus. Tapi matahari kayaknya emang lagi sale gede2an deh. Panasnya gak tahan bok. Saya nggak punya ekspektasi apa-apa sih sama tempat ini lha wong heratisan juga dibayarin kantor 🙂 Lagian juga kayaknya bakalan sibuk bantuin ini itu karena jadi panitia kakaaak *malah curcol

IMG_4277 copyView pertama yang saya liat begitu masuk adalah hamparan kolam splash. Rombongan kita dapat tenda khusus dekat Splash town ini. Splash town khusus untuk anak-anak di bawah 3-4 tahun kali ya. Kalau orang dewasanya mah cuma bisa kicik-kicik cuci kaki aja kalo di sini sih. Masih di area ini juga ada seluncuran. Kalau seluncuran ini untuk anak yang lebih dewasa sekitar 5-7 tahun IMHO.

IMG_4297 copy

IMG_4285 copy

IMG_4303 copy

Waktu orang kantor survey ke sini beberapa bulan lalu ada lapangan cukup luas di sini. Tapi pas saya datang, lapangan ini sudah ditutup pagar proyek. Ternyata mau dibuat wahana baru. Masih lama sih paling jadinya si wahana baru ini karena kemarin itu saya liat ada escavator jadi paling masih tahap pekerjaan gali2an  tanah.

Seperti lazimnya aturan di waterpark, untuk masuk ke sini dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Kayaknya ini gak semata2 supaya jualan makanannya laku ya. Tapi karena orang sini kan kalau abis makan minum suka buang sampah sembarangan atau gak diberesin sebagaimana mestinya. Kemarin kami diperbolehkan bawa makanan dan minuman dari luar tapi hanya boleh makan dan minum di area sekitar tenda kami aja. Konsekuensinya, kita di-charge uang kebersihan yang dihitung per-orang.

Selain itu, aturannya sih kalau mau main2 air ya wajib pakai baju renang. Tapi kemarin saya liat banyak sih yang pakai baju biasa untuk basah2an. Saya sendiri aja pakai legging dan kaos biasa karena males ganti baju *jangan ditiru. Untuk main air lebih baik pakai baju renang yang bener aja ya.

Untuk menyimpan barang-barang disediakan loker dangan sistem koin. Jumlah lokernya banyak kok. Ruang bilas dan ganti juga banyak. Jadi di tempat cewek ya, ada ruang bilas besar tanpa sekat (terdapat jejeran shower) dan ruang gantinya (ruang gantinya sih bersekat ya *menurutloe), ada ruang bilas dengan sekat-sekat terpisah (tapi beberapa krannya udah rusak), ada toilet, wastafel juga lumayan banyak jumlahnya. Tapi emang orang kita tuh suka jorok yak. Udah disediaiin tempat sampah masih aja itu sampah shampoo sachetan pada gak dibuang di tempatnya. Kalau kita bilas menjelang sore keliatan deh itu banyak sampah di ruang bilasnya. Sigh

Untuk yang gak mau melewatkan sholat jangan sedih. Di sini juga ada musholla. Bangunan mushollanya model gazebo dengan tempat wudhu (kalo gak salah inget) terpisah antara laki-laki dan perempuan. Luasan musholla dan tempat wudhu sedang lah, nggak sampai bikin antrian kalo mau sholat lah.

Wahana selain basah-basahan yang bisa dilakukan di sini adalah trampolin dan flying fox. Sebenernya saya pengen nyobain trampolin tapi itu kok yang main bocah-bocah semua yak. Jadinya mundur teratur aja deh. Nah kalau flying fox ada yang versi untuk anak-anak dan dewasa. Beda di ketinggian dan panjang jalurnya aja sih. Saya sempet nyobain flying fox ini. Gak terlalu adrenalin rush *songong tapi lumayan laaah. Padahal saya mah anaknya rada2 takut ketinggian loh.

Kalau mau yang adrenalin rush cobain slide and fun-nya deh. Perosotan 3 jalur dengan kemiringan yang menurut saya sih lumayan bikin jiper ya. Pas nyobain, ealah beneran loh deg-deg ser gimana gitu *tapi nyobain 2x*bangga. Di sebelahnya juga ada race slider yang meliuk-liuk 2 buah. Kalau slider yang ini aturannya khusus untuk yang bisa berenang karena nantinya akan jatuh ke Bahamas Lagoon, meskipun kolamnya sih gak dalam untuk ukuran orang dewasa. Anaknya Pak Bos bule yang umur 9 tahun sampe ketagihan race slider ini dan bolak balik entah berapa kali. Emang bikin ketagihan sih, tapi naik tangganya itu loh PR banget 🙂 Menurut saya sih lebih memacu adrenalin yang slide and run itu. Oiya di Bahamas Lagoon ini kita bisa berdiri di bawah air terjun biar berasa kayak dipijat gitu.

Di sini juga ada penyewaan ban. Untuk ban single biayanya IDR15K dan yang double  IDR25K. Saya perhatiin orang-orang selesai pakai ban ya digeletakin gitu aja alias gak dikembalikan ke tempat sewa semula. Emang sistemnya gak pakai uang jaminan sih cuma bayar sewa aja. Jadi kalau mau ‘bandel’ dikit sih udah ambil dan pakai aja ban-ban yang bergeletakan-entah-tuannya-dimana-itu daripada bayar sewa 😛

Kalau udah ada ban mendingan nyemplung ke kolam arus (Carribean River) atau kolam ombak (Pacific Wave). Kolam arus ini mengelilingi kawasan sepanjang ratusan meter. Kalau ada ban kita tinggal duduk di atas ban dan mengikuti arus aja.

IMG_4300 copy

Sungai Karibia versi KW 🙂

IMG_4311 copy

Sungai Karibia versi KW dari sisi lain

Kalau kolam ombaknya gak selamanya ‘berombak’ ya. Ya kan tadinya kita pikir kolam ombak itu setiap saat berombak kan. Bisa rugi bandar boros energi itu mah 😛 Ombak hanya ada di waktu-waktu tertentu aja. Biasanya kalau ‘mesin pembuat ombak’nya mau dinyalakan ada tanda-tanda berupa sirine kok. Kolam ombak ini suasananya emang dibuat seakan-akan di pinggir pantai lengkap dengan tenda-tenda kecil di pinggirnya. Tinggi ombaknya juga lumayanlah berasa kayak di tengah laut gitu. Terombang-ambing di atas ombak ini seru juga asalkan gak tiba-tiba ban saya sengaja dibalikin temen ya. KZL deh udah naik ke ban-nya susah pakai dibalikin segala lagi 😦  Tapi hati-hati ya arena kolam ombak ini semakin jauh semakin dalam dan ujungnya mungkin bisa sedalam 1,5m atau lebih kali. Kolam ombak ini makin siang menjelang sore makin penuh kayak cendol sih.

IMG_4302 copy

Kolam ombak yang masih sepi

IMG_4312 copy

Berasa diombang-ambing di tengah lautan Pasifik gak sih 😛

Ocean Park BSD ini cukup worth the price lah. Jenis wahananya juga lengkap untuk segala usia dari mulai balita sampai dewasa. Pepohonan juga lumayan banyak jadi gak terlihat gersang. Sekilas saya juga lihat bangunan kecil semacam pos P3K. Petugas/guard juga cukup banyak tersebar di seluruh area. Jadi harusnya kalo *amit-amit ada kecelakaan2 kecil bisa cepet ditangani. Seharusnya sih di sini yang anak kecil senang, yang gede pun ikutan hepi. Saya aja yang tua dewasa gini hepi kok 🙂

Ocean Park Water Adventure BSD
Jl. Pahlawan Seribu CBD Area
BSD City,  Serpong, Tangerang Selatan 15322
Telp. (62-21) 5370009
Hotline (62-21) 531 62566
Fax. (62-21) 537 0003
Jam operasional:
Senin-Jumat : 11.00 – 19.00
Sabtu-Minggu : 08.00 – 19.00
Harga tiket (anak dengan tinggi di bawah 80cm gratis):
Senin  IDR35K
Selasa – Jumat (Weekday)  IDR45K
Sabtu – Minggu / Libur (Weekend) IDR80K

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s