Bermalam di Novotel Hotel-Bandung

Libur lebaran tahun ini kebetulan saya nggak mudik dan malah kabur ke tempat liburan sejuta umat Jekardah alias Bandung lagi Bandung lagi. Oh yes, kami turut serta bikin macet jalanan dari Jakarta ke Bandung. Dan kami menginap di Novotel Hotel dengan rate di festive season yang…ah sudahlah.

20150719_155212 copy

Secara lokasi, Novotel Hotel ini letaknya di tengah keramaian Jl. Cihampelas tapi gak walking distance kemana-mana deh. Jadi kemarin kami rada ribet juga karena kalau mau makan, jalan2 dst musti pakai kendaraan. Nggak ada tempat-tempat yang tinggal ngesot jalan kaki gitu. Dan karena musim liburan, jalanan di Bandung cukup padat sehingga meskipun tempat yang mau dituju dekat tapi kayaknya gak nyampe2 karena macet. Mana jalanan di Bandung banyak yang satu arah pulak jadi berasa muter2 ke situ-situ aja.

Hotel ini ukurannya lumayan besar ya. Secara ada 11 lantai dan seratus sekian kamar. Proses check-in agak lama sih menurut saya. Mungkin sekitar 20 menitan lah. Entahlah mungkin karena sedang peak season. Uniknya, di lobby ada semacam konter namanya ‘Waroeng Jadoel Novotel’ yang isinya jajanan ringan tempo dulu. Seneng aja liat kemasan2 jajanan jaman dulu yang saya pun mungkin gak kenal. Belum lagi ada teko dan gelas kaleng jaman dulu.

20150718_143154 copy

The lobby

20150719_083640 copy

Waroeng Jadoel

Kami menempati kamar paling standar. Kamar cukup luas sih, muat lah kalau mau nambah extra bed. Interior kamar cukup fancy. Suka sama furniture di kamar: simple, light, modern. Kamar bersih. Seprei, bantai, handuk wangi. Hairdryer tersedia di kamar mandi. Toiletries ada tapi kalau perlu sikat gigi harus minta ke pihak hotel. Selebihnya sih no complain lah. Ada wifi di area umum maupun di kamar. Dan wifi di kamar kenceng bok #fakirwifihepi. Karena wifi di kamar kenceng, saya nggak cek2 wifi di lobby dan area umum lainnya.

Kamar kami ada di lantai 7 dan menghadap ke timur. Jadi kalau pagi keliatan sunrise di antara view bangunan dan rumah-rumah penduduk.

20150718_172806 copy

Koridor depan kamar

20150718_171512 copy

View dari Lantai 7

20150718_150151 copy

20150718_145940 copy

20150718_151133 copy

Keesokan harinya jam 6 pagi saya udah nongkrong dong di kolam renang. Kolam renangnya mah mungil. Kursi-kursi di pinggiran kolam juga biasa banget, bukan model yang bisa buat foto2 selfie dan dipamerin di socmed. Kolam terdiri dari 2 kedalaman: 40cm (untuk balita ini mah) dan 140cm (untuk dewasa). Plus nya adalah air kolamnya hangat. Bisa banget lah berenang jam 6 pagi atau jam 8 malem tanpa kedinginan. Minusnya adalah karena kolamnya mungil, kalau pas banyak orang berasa kayak cendol dan susah kalau mau berenang beneran. Apalagi menjelang sore, banyak bocah2 nyemplung plus abg2 foto selfie.

Oiya selain kolam renang, ada fasilitas fitness dan spa juga. Tapi kebetulan saya gak nyobain fasilitas yang ini. Ada kids club juga tapi pas saya ke sana sepertinya sepi2 aja. Saya juga gak nyobain sarapan di sini karena ke Bandung kan juga pengennya kulineran ya. Dan selama menginap di sana, staf2 hotelnya cukup ramah kok.

Yang saya cukup appreciate adalah komitmen hotel ini dalam berpartisipasi menjaga bumi tetap ‘hijau’. Antara lain lewat pesan-pesan sederhana semacam ‘matikan lampu kalau tidak dipakai’ di samping saklar atau ‘hemat air’ yang ada di samping kran air. Hal-hal simple yang sering kita lewatkan. Mereka ada program khusus soal sustainable development ini. Ini memang program semua hotel jaringan Accor deh. Lengkapnya dan detailnya sih saya kurang paham. Yang jelas, saya sih memang selalu salut sama pihak-pihak yang perhatian sama hijaunya bumi.

Kesimpulannya, kalau tujuannya untuk bermalam dan leyeh-leyeh sebentar sih hotel ini amat sangat oke. Yang cari hotel di tengah kota juga cocok lah. Tapi hotel ini gak dekat dengan tempat2 wisata atau hangout ya. Mau ke Ciwalk aja juga jauh.