Umroh Preparation – Obat Penunda Haid

Setelah dicek dan dihitung-hitung, sepertinya jadwal tamu bulanan berbarengan nih sama jadwal saya umroh. Huaaa…piye iki? Mau gak mau deh terpaksa musti konsumsi obat hormon untuk menunda haid selama umroh.

Sempet bingung tuh, kalau obat penunda haid itu mintanya cukup ke dokter umum atau kudu ke dokter kandungan ya? hahaa…dodol ye. Malah saya pernah dengar kalau obat penunda haid ini juga bisa dibeli bebas di apotek. Tapi saya takut ah konsumsi obat-obat kayak gitu tanpa konsultasi dulu ke dokter. Iseng-iseng saya tanya sama dokter umum pas suntik meningitis, kata beliau, minta obat penunda haid itu bisa ke dokter kandungan atau ke bidan. Haiyah, kok ya gak kepikiran ya minta ke bidan 😛 Jadi catet yah, obat penunda haid bisa diminta ke dokter kandungan atau bidan.

Sutralah akhirnya saya mutusin untuk ke dokter kandungan saja. Sebelumnya pernah baca sih kalau obat penunda haid ini bisa diminum paling telat 3 hari sebelum perkiraan haid berikutnya. Karena berangkat umrohnya masih agak lama, jadi saya juga santai aja. Saya baru datang ke dokter kandungan sebulan sebelum berangkat umroh, pas banget lagi datang bulan terakhir sebelum umroh.

Dan benar sesuai hasil googling saya, obat ini bisa mulai diminum 3 hari sebelum perkiraan haid berikutnya. Cuma berhubung haid saya waktu itu jadwalnya agak mundur akibat stress karena kerjaan, padahal biasanya cenderung maju, sama dokter diresepkan obat hormon untuk mulai diminum kira-kira seminggu sebelum perkiraan haid sampai umroh nya selesai. Nama obatnya norelut (merk lain yang lebih tenar sih primolut) Dosisnya 3×1 tablet sehari, diminum per 8 jam. Haid akan datang setelah 2-3 hari konsumsi obat dihentikan. Harga obat ini untuk 45 tablet sekitar IDR250K (di luar biaya konsultasi dokter).

Dokter juga menjelaskan beberapa efek samping obat ini, antara lain: spotting/flek, pusing dan mual. Kalau terjadi spotting, dosis ditambah 1 tablet lagi. Makanya kemarin dokter kasih obatnya juga dilebihin beberapa tablet.


Selanjutnya mari kita berpusing ria ngatur jadwal minum obatnya (mempertimbangkan waktu Indonesia dan waktu Arab ya) plus memikirkan gimana caranya biar gak lupa atau gak kelewatan jadwal minum obatnya. Karena obat hormon gini kalau kelewatan minum bisa berabe nih. Karena setau saya, obat ini selain untuk menunda haid juga bisa jadi terapi untuk yang haidnya gak lancar atau gak teratur. Kalau minum gak sesuai waktu yang benar, yang tadinya mau ditunda malah bisa jadi keluar dengan lancar jaya.

Untuk jadwal minum yang per 8 jam itu, setelah di utak-utik dengan susah payah #agaklebay, saya ngaturnya minum jam 6 pagi (sehabis shalat subuh), jam 2 siang (sehabis makan siang) dan jam 10 malam (sebelum tidur). Itu semua waktu bagian Arab Saudi ya. Nah waktu bagian Indonesia nya ya tinggal masing2 dikurangi 4 jam aja. Jadi, di Indonesia minum jam 2 pagi, jam 10 pagi dan jam 6 sore. Yoi mameeen…bangun jam 2 pagi demi minum obat 😛 Bahkan saya perlu pasang alarm biar gak kelupaan, baik di siang hari apalagi di malam hari. Sebenarnya gak harus sakelik seperti itu sih, plus minus 1 jam-an sepertinya masih boleh lah. Tapi ya daripada daripada kan.

Oke, sekarang tinggal eksekusinya. Saya mulai minum norelut tanggal 18 Desember , umroh tanggal 24 Des-1 Jan. Perkiraan haid 25 Des. Dari tanggal 18 Desember saya minum terus menerus 3x sehari sampai tanggal 30 Desember, sehari sebelum tawaf wada. Dan sepanjang itu lah kadang saya suka deg2an bocor gak yaaa…meskipun akhirnya juga dibarengi pasrah saja lah dengan ketentuan Allah. Tanggal 31 Desember saya sudah hentikan konsumsi karena sudah mau pulang ke Jakarta.

Alhamdulillah, norelut nya bekerja dengan sangat baik dan ampuh. Sepanjang perjalanan umroh itu sama sekali gak bocor, sama sekali gak keluar flek, bahkan saya gak merasakan mual atau pusing. Katanya obat hormon juga bisa bikin jerawatan atau badan gemuk (karena menahan air) kan? Alhamdulillah, norelut ini di saya nggak bikin jerawatan juga. Kalau soal bikin gemuk..ehm..maaf nggak ngecek dan saya sih nggak ngerasa gemukan 😛 Cuma sepanjang saya konsumsi obat ini, di waktu-waktu tertentu kadang perut terasa sedikit pegal atau mules seperti mau haid gitu loh, tapi dengan level yang lebih ringan. Agak bikin gak nyaman sih tapi ya mau bagaimana lagi, dinikmati saja lah.

Akhirnya setelah terakhir minum di 30 Desember, haid saya datang di tanggal 3 Januari. Berarti, obat penunda haid ini memang bekerja sesuai planning ya..Alhamdulillah semua kegiatan ibadah umroh berlangsung lancar tanpa terganggu tamu bulanan 🙂

8 thoughts on “Umroh Preparation – Obat Penunda Haid

  1. Tuti says:

    Assalamu’alaikum
    Terima kasih infonya mbak. Sangat mencerahkan.. Saya InsyaAllah akan berangkat umrah juga tgl 1 feb. Saya sudah ke dokter dan dikasih norelut dan prenatin df. Nah yg saya bingung… Sy sdah dminta minum obatnya dr tgl 20 januari 2×1 dan obat yg dkasih pun dlm jumlah yg sedikit. Norelut 30 btir n prenatin df nya 15 butir. Presiksi haid sy utk januari tgl 4 n obatnya akan habis tgl 5 gimana tu mbak.. Apa si dokter salah paham ya..?

    • Walaikumsalam mbak…semoga lancar-lancar ya umrohnya. Kalau soal dosis mungkin dokter yg lebih tau krn ada jg yg cuma diresepkan 1× sehari. Tapi soal waktu minumnya coba dipastikan lagi ke dokternya kali ya. Soalnya saya minumnya terus menerus sampai umroh selesai. Begitu stop minum, 2-3 hari langsung mens. Dan saya cuma diresepin norelut aja.

  2. Eka says:

    Assalamualaikum.
    Makasih info nya mbak.InsyAllah tgl 12 Feb ni sy mau umroh,tp pas banget tgl 12 itu seharusnya sy haid.Td pergi k bidan buat konsultasi n minta obat penunda haid kata nya kg bisa,seharusnya setelah haid terakhir sy mulai minum obat nya.Tp sy baca tulisan mba kata nya bisa d minum 3 hr sblm haid y?Mohon info nya donk.Soalnya udah was2 banget nih,takut kg bisa ibadah tawaf d sana.

    • Coba konsul ke bidan lain atau obgyn deh. Bisa kok diminum 3 hari sebelum perkiraan haid. Atau kalau mau aman ya 4-5 hari sebelum. Saya waktu itu minum seminggu sebelumnya krn haid terakhir saya mundur. Jadi utk mengantisipasi haid yg mungkin bakal maju maka mulai minum obat nya seminggu sebelumnya. Moga2 umrohnya lancar ya mba

  3. mega wahyuni says:

    mbak istri saya udah pulang umroh nya udah 3 minggu,tapi sampai sekarang belom dapat haid juga,,,
    gimana itu ya mbak?

Leave a Reply

