Umroh Preparation – Penambahan Nama di Paspor

Berhubung nama lengkap saya sesuai akte kelahiran memang cuma 2 kata, maka untuk keperluan umroh saya perlu mengurus penambahan nama di paspor menjadi 3 kata. Karena ya memang begitu persyaratan dari pemerintah Arab Saudi. Nama yang ditambahkan bisa nama ayah atau nama kakek dari pihak ayah. Kalau gak punya waktu dan pengen terima beres sih penambahan nama di paspor ini bisa diurus oleh travel tempat kita mendaftar umroh. Cuma kan kita anaknya pengen irit ya, jadi ya mari kita urus sendiri saja 😀

Dokumen yang perlu disiapkan sama seperti kalau kita mengurus pembuatan atau perpanjangan paspor: copy KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, ijazah, halaman depan dan belakang paspor yang masih berlaku. Bawa juga dokumen aslinya untuk diperlihatkan ke petugas di Kanim. Plus, jangan lupa bawa surat rekomendasi dari travel tempat kita mendaftar umroh. Kemarin saya sempat ditolak karena gak bawa surat rekomendasi dari travel. Terpaksalah datang ke travelnya minta surat rekomendasi dan balik lagi ke imigrasi. Penambahan nama ini bisa diurus di Kanim mana saja, nggak perlu di Kanim tempat diterbitkannya paspor.

Setelah dokumen lengkap, datanglah saya ke Kantor Imigrasi Jakarta Timur yang ada di sebelah Lapas Cipinang. Saya sampai sana jam setengah 7 pagi, masih kebagian parkir di dalam, tapi masyaAllah orang yang pada ngurus paspor udah banyak bok. Tanya ke petugasnya, ternyata kalau untuk penambahan nama gak perlu ambil nomor antrian, datang langsung aja ke bagian Customer Service di lantai 2. Tapi customer service ini baru buka jam 8, terpaksa saya nunggu bersama orang-orang lain yang akan ngurus paspor juga.


Begitu nomer antrian mulai dipanggil jam 07.30, saya iseng aja ikutan naik ke lantai 2 siapa tau udah buka nih loket customer service-nya. Ternyata bener udah buka. Kita tinggal minta formulir penambahan nama, langsung isi formulir di depan petugasnya, serahkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk di cek, serahkan paspor asli. Kalau semua sudah oke, tinggal tunggu 4 hari kerja sampai paspor dengan penambahan nama itu selesai. Nama kita dalam 3 kata ini nantinya akan dituliskan di halaman ke-4 paspor, jadi bukan ganti paspor ya.

Semua proses penambahan nama di paspor ini gratis alias tidak dikenakan biaya sama sekali. Prosesnya pun cepat karena langsung ke customer service, terpisah dari orang-orang yang mengurus pembuatan atau perpanjangan paspor. Cuma ya memang perlu meluangkan waktu untuk minta surat rekomendasi ke travel umroh dan datang ke Kantor Imigrasi-nya.

Pengurusan penambahan nama di paspor ini sebenarnya bisa diwakilkan kok. Dan nggak perlu pakai surat kuasa asal dokumen-dokumennya lengkap. Tapi di formulir permohonan penambahan nama ada kolom yang harus ditandatangani pemohon. Jadi ya tetep aja si pemohon kudu datang untuk tandatangan formulir, atau bisa juga minta formulirnya dulu (diwakilkan), dibawa pulang untuk diisi dan ditandatangan lalu balik lagi ke imigrasi sekalian bawa dokumen2 nya (diwakilkan). Malah jadi bolak-balik ya? 😛

Mudah2an info ini berguna ya buat yang pengen ngurus penambahan nama di paspor untuk umroh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s