Pengalaman Medical Check Up di Siloam MRCCC Semanggi

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan medical check up (MCU) di RS Siloam MRCCC Semanggi. Bukan untuk tes masuk perusahaan atau urusan pekerjaan sih, cuma sadar diri aja di usia saya sekarang ini kayaknya penting ya melakukan MCU rutin meskipun kita gak merasakan ada keluhan kesehatan apa-apa. Dan juga karena bisa dibayarin kantor sih.

Nggak ada alasan tertentu kenapa saya pilih Siloam MRCCC. Ya mungkin salah satunya karena saya pengen ngerasain aja MCU di official hospital-nya Raja Arab waktu berkunjung ke sini. Kebetulan setelah membanding-bandingkan dengan beberapa RS, paket MCU di Siloam ini masih masuk lah dengan bujet yang disediakan kantor.

Meski berada dalam 1 grup, paket MCU antar RS Siloam berbeda-beda. Siloam Semanggi beda jenis paketnya dengan Siloam Kebun Jeruk misalnya. Bisa di-cek di websitenya. Website-nya cukup update kok. Dan paket MCU di Siloam Semanggi ini IMHO gak terlalu banyak macamnya.

Bagian MCU dihubungi via telepon memang susah sekali, tapi kalau lewat email responnya cukup cepat. Saya appreciate sih dengan respon via email yang cepat banget, asal email-nya di hari dan jam kerja ya. Meskipun agak kzl juga secara pas mau dihubungi via telepon susah banget. Telepon dengan bantuan operator pun dijawabnya cepet-cepet dan gak dikasih kesempatan tanya-tanya aja dong. Saya belum coba sih kalau via telepon dan kita pilih servis dalam Bahasa Inggris.

Saya daftar 2 hari sebelumnya, ambil paket yang menengah, bukan yang paling murah tapi juga bukan yang paling mahal. Bikin janji minimal 2 hari sebelumnya dan ditelepon sehari sebelumnya untuk konfirmasi dan mengingatkan apa aja yang perlu dipersiapkan. Saya kurang tau apakah paket-paket ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan kita. Kemungkinan sih bisa tapi jumlah orangnya musti banyak kali ya. Misal untuk karyawan perusahaan.

Bagian MCU berada 1 lantai tersendiri di lantai 25, bersebelahan dengan bagian radiologi. Jadi kemarin selama MCU ya pindah-pindah ruangannya di situ-situ aja. Untuk rontgen dan USG tinggal melipir ke ruangan sebelah. Kecuali kalau kita ambil paket yang paling mahal, ada tuh sesi pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter spesialis dan dokternya ada di lantai berbeda. Kalau mau ke lantai 25 ini ada lift tertentu yang langsung menuju ke lantai-lantai atas (lantai 25-36). Lumayan cepat dan gak buang waktu mampir ke lantai-lantai bawah.


Begitu datang pagi, registrasi, bayar, lalu tinggal tunggu dipanggil untuk pemeriksaannya. Seperti halnya MCU di tempat lain, udahlah tinggal ikuti alur dan arahan dari perawatnya aja. Pemeriksaan dokter dilakukan oleh dokter umum, dokter gigi dan dokter radiologi (untuk USG). Selebihnya pemeriksaan dilakukan oleh perawat. Saya bisa bilang kalau kerja perawat di sini cukup cepat dan gesit ya. Begitu juga dengan dokter-dokternya. Di ruang dokter gigi aja gak ada 5 menit kali.

Kemarin saya ambil paket untuk wanita. Bedanya sama paket pria ada di USG p*yudara, USG rahim dan papsmear. Selisih harga paketnya dengan yang pria sekitar IDR 1 juta sendiri. Karena belum menikah, dengan terpaksa papsmear-nya saya skip, meskipun gak bisa mengurangi harga paket-nya sih. Dan selama pemeriksaan, perawat dan dokter yang menangani hampir semuanya perempuan. Yang laki-laki cuma petugas rontgen dan asisten dokter gigi-nya aja. Jadi pas konsul dan pemeriksaan dengan dokter, dokter umumnya sempat memeriksa dan ngajarin saya melakukan pemeriksaan p*yudara sendiri.

Khusus sesi pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter umum ini durasinya agak lama. Meskipun dokternya juga ngomongnya agak cepet-cepet. Bukan cepet-cepet yang kayak mau buru-buru selesai sih. Tapi cepet-cepet yang bikin kita susah untuk nyela mau nanya-nanya hahaa. Ya saya sih seneng-seneng aja denger penjelasan dokternya. Ramah dan menyenangkan kok dokternya.

Harga paket MCU juga sudah termasuk sarapan dan makan siang. Makan siang disediakan beberapa menu yang bisa dipilih. Rasa makanan-nya sih so-so aja lah. Saya sampai RS jam 8 kurang dan proses MCU selesai jam 12 kurang. Lumayan cepat lah ya. Yang paling lama adalah ketika harus rontgen dan USG karena antriannya gabung dengan pasien lain yang non-MCU.

Hasil MCU bisa diambil setelah 7 hari kerja. Dan tepat setelah 7 hari kerja, saya dapat pemberitahuan lewat email kalau hasilnya sudah bisa diambil. Untuk konsultasi hasil MCU dengan dokter harusnya sih bikin janji dulu. Tapi kemarin pas saya ambil hasilnya, dokternya kebetulan sedang available. Jadi cuma nunggu gak sampai 10 menit langsung bisa ketemu dan konsultasi dengan dokter umum. Lagi-lagi dokternya dengan cepet-cepet liat hasilnya dan menjelaskan ke saya dengan singkat, padat, lugas. Kali ini dikasih kesempatan nanya-nanya sih tapi saya nya udah males mau tanya-tanya.

Sejauh ini saya puas lah dengan pelayanannya. Meskipun harga paketnya agak lebih mahal ya kalau dibandingkan dengan RS lain. Aniwei, tampilan RS Siloam MRCCC ini emang mewah ya. Style dan finishing bangunannya hampir seperti mal. Lobby-nya gak terlalu besar tapi kelihatan ‘wah’. Ada toko buku, kafe, minimart, atm center, restoran bahkan ada piano segala di lobby-nya. Petugasnya pun seragamnya ala-ala petugas hotel berbintang. Soal kebersihan terutama di toilet umum-nya juga bolehlah diacungi jempol.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s