Lihat Aneka Bunga di Kebun Mawar Situhapa, Garut


Kebun mawar Situhapa ini kayaknya lagi cukup nge-hits ya. Ada di daerah Kamojang. Kalo dari Garut, jalan ke utara arah Samarang lalu belok ke Jl. Kamojang. Jalan menuju ke sini cukup mulus, naik turun, berbelok-belok dan gak terlalu lebar. Pemandangannya berupa kebun sayur di kiri-kanan jalan.

Kemarin pas ke Garut sebenernya ada opsi mau nginap di daerah sini. Saya naksir Kampung Sampireun dan Kamojang Green Resort. Ada juga penginapan Bukit Alamanda dan Mulih ka Desa. Semua penginapan itu sejalur sama kebun mawar ini. Plus Kawah Kamojang juga ada di daerah sini. Tapi karena ke Garut tujuan utamanya mau ke pemandian air panas makanya kita pilih nginap di Cipanas. Lumayan sekitar 30 menitan dari hotel di Cipanas ke sini.

Pas saya sampai ke sini sekitar jam 10 pagi sih belum terlalu rame. Di depan ada tempat pembelian tiket dan toko souvenir. Saya nggak punya ekspektasi apa-apa pas datang ke sini. Karena kan gak tau ya bunga-bunganya itu ada musim berbunga-nya atau nggak. Nggak usah ngebayangin kebun mawar kayak di Eropa lah yaw. Saya udah mikir ini kalau kita datang pas timing-nya salah dan belum musim berbunga ya paling cuma liat daon aja nih 😦

Ternyata sepertinya saya beruntung. Entah waktunya yang lagi pas atau memang sepanjang tahun seperti ini. Banyak tanaman bunga yang sedang mekar. Ya bukan mekar yang rapet dan padat kayak kebun bunga di luar negeri sih. Tapi lumayan pemandangannya cukup berwarna-warni.

Di sini bukan hanya ada tanaman bunga mawar tapi ada juga berbagai jenis bunga dan tanaman lain. Banyak spot-spot bagus untuk berfoto pastinya. Tapi yang wajib itu terowongan dekat pintu masuk. Itu kalau bunga mawarnya lagi full berbunga pasti cantik banget.

Area kebun mawar ini luas sekali. Dan sebagian besar berupa hamparan rumput hijau. Jadi jangan lupa pakai sunblock, bawa topi/payung dan kacamata item di sini. Jangan khawatir kalau capek jalan, banyak kursi-kursi yang tersebar kok. Ada kios juga di dalam yang jual aneka makanan minuman. Banyak juga orang-orang yang ala2 piknik gitu duduk di tengah taman sambal makan minum.

Area di sini dibagi dalam zona berdasarkan keluarga tanaman: mawar, kaktus, tanaman air, azalea, hibiscus dan lainnya. Bunga mawarnya cantik-cantik banget. Beraneka warna bahkan ada yang kelopak bunganya bermotif. Sepertinya bunga mawar yang seperti ini bibitnya dari luar negeri, ukurannya besar-besar, kelopaknya agak lebih tebal dan sama sekali gak wangi. Ada juga mawar kampung yang bunganya lebih kecil-kecil. Nah mawar kampung ini cukup wangi. Sambil jalan kaki saya bisa cium semilir-semilir wangi mawar.









Selain lihat-lihat bunga, di sini juga ada penginapan. Bentuknya rumah kayu dengan berbagai tipe. Kalau menginap di sini, serasa tinggal di kampung banget kali ya. Ada maze ala2 dan playground anak-anak juga. Tapi playground ini letaknya agak jauh ke atas bukit. Katanya di sini juga ada areal untuk pembibitan mawar, saya nggak tau tepatnya di mana karena udah keburu tepar kepanasan dan kaki pegel.


Tiket masuk ke sini untuk hari minggu/hari libur Rp. 20K. Mahal atau murah sih relatif ya. Menurut saya biaya beli bibit, penanaman dan perawatan bunga-bunga di sini kan juga gak murah. Anyway, gak banyak hal yang bisa dilakukan di sini selain jalan liat-liat bunga dan berfoto, tapi saya cukup hepi. Banyak foto-foto kece :P. Mudah-mudahan makin lama koleksi bunganya makin bertambah ya.

Kebun Mawar Situhapa
Jl. Raya Kamojang km 5
Samarang, Garut
Jam buka: 09.00-17.00 WIB
Tiket: Rp. 15000; hari minggu/libur Rp.20000
www.kebunmawar-situhapa.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s