Menginap di Hotel Tirtagangga, Cipanas, Garut


Ketika saya sedang pilih-pilih penginapan di Cipanas, bapak saya cuma request mau penginapan yang ada kolam renang air panasnya. Saya pun sempat naksir beberapa resort di sana yang kalau liat di foto sih, pemandangan-nya oke banget. Tapi, keliatannya resort-resort itu udah lama ya. Saya kurang tau kondisinya masih bagus atau udah harus renovasi 🙂 Saya ogah kalau harus menginap di resort atau hotel tua 😛

Saya akhirnya mantap pilih menginap di hotel Tirtagangga karena 2 hal: kamarnya baru direnovasi dan punya kolam aquamedic. Dan kolam renangnya pun tipe yang biasa aja. Saya justru pilih kolam renang biasa karena saya kan pergi sama orang tua. Jadi gak butuh kolam renang ala2 waterbom yang pake seluncuran-seluncuran gitu. Biarin deh gak bisa liat view keren buat diposting di IG yang penting hotelnya oke.

Hotel Tirtagangga ini sebenarnya juga hotel lama, letaknya sudah di ujung Jl. Raya Cipanas. Kalau liat penampakan luarnya sih sungguh tidak meyakinkan. Eksteriornya keliatan jadul. Di foto sih cakep karena pas malam hari banyak lampu-lampu. Tapi saya lumayan naksir pas liat foto-foto interior kamar-nya, terlihat brand new gak ada jadul-jadulnya sama sekali. Terutama kamar tipe deluxe ke atas ya. Kamar superiornya juga terlihat cukup oke kok. Luasan tiap tipe kamar kayaknya sama, mungkin beda di view dari kamar dan fasilitas di dalam kamar.

Saya ambil kamar Grand Deluxe dan dapat di lantai 3. Lumayan juga karena hotel ini gak punya lift huhuu. Karena hotel lama, kamar nya pun cukup lega. Gak kayak hotel jaman sekarang yang kamarnya cimit-cimit. Tempat tidurnya pun king size. Buat tidur orang dewasa bertiga pun masih nyaman. Dan ternyata saya dapat kamar dengan view yang gak mengecewakan kok. Dari balkon kamar, bisa lihat ke arah kolam renang dan restoran. Agak kehalang sama pohon sih, tapi sutralah masak pohon besar gitu kudu ditebang. At least saya gak dapet view atap atau tembok rumah orang lah ya.

Dan udah bener memang pilih hotel ini karena kamarnya ber-AC. Udara di Cipanas gak dingin ternyata. Jadi memang perlu kamar ber-AC. Wifi ada sih, tapi gak ada kenceng-kencengnya sama sekali. Kurang tau juga kalau wifi di lobby dan area publiknya. Trus, saya baru ngeh juga kalau ternyata tv di kamar gak tau ukurannya cukup besar bok.


Di kamar mandi ada kolam rendam kecil. Semacam bath tub yang dibuat sendiri dilapis keramik. Jadi kalo males ke kolam renang, bisa berendam di kamar mandi. Tapi aliran air baik di shower, wastafel maupun jet washer menurut saya kurang kenceng ya. Terus air nya pun hanya ada air panas aja. Saya gak sukanya cuma pas cuci muka aja. Ya kali kita disuruh cuci muka pake air panas. Amenities di kamar maupun kamar mandi cukup lengkap. Apalagi mini bar nya lengkap bener, kulkas aja sampai full isinya 🙂

Pas sore juga ada welcome drink berupa bajigur dan makanan kecil di angkringan yang ada di lobi. Tapi emang dasar bukan rejeki saya, pas pulang jalan sore, udah keabisan bajigur aja dong. Padahal belum jam 4 sore dan katanya bajigur-nya ini salah satu yang wajib dicoba. Kzl deh, duduk di lobi pun kotor banyak sampah kulit kacang rebus bekas orang jatoh di lantai. Zzzz….

Kalau weekend, harga kamar sudah termasuk sarapan dan makan malam untuk 2 orang. Menu makan malam dan sarapan bukan yang terlalu banyak variasinya sih, tapi buat saya cukup dan rasanya lumayan kok. Saya sih ada menu pasta pas dinner aja udah seneng banget. Cuma pas sarapan kan ada jus sayur tuh. Dan jus sayurnya IMHO kebanyakan gula. Bukannya sehat malah bikin penyakit itu mah. Kalau ada tambahan orang, charge untuk dinner harganya Rp.125k dan sarapan Rp.100k. Itu untuk dewasa, kalau untuk anak-anak harganya beda. Lumayan juga sih ya. Pas dinner di malam minggu juga ada live music nya di restoran.

Kolam renang di sini ada 2 macam kedalaman, Ukuran kolam renangnya cukup luas. Saya sih cuma numpang berendam aja gak berenang. Gak tahan muka kena air panas cyin. Panas air kolamnya maknyus. Selain kolam renang, ada juga kolam aquamedic berupa kolam kecil bulat dengan pancuran air panas, Jadi terasa badan kayak dipijat-pijat gitu. Ada juga semacam shower yang ngucurin air panas dari atas dan belakang badan kita. Ini nih kayaknya yang gak ada di tempat lain. Kolam renangnya aja panasnya udah maknyus. Nah, kolam aquamedic ini lebih maknyus lagi. Asli pertama kali pasti kaget. Baik kolam renang dan kolam aquamedic sama-sama berasap saking panasnya.

Sayangnya, kolam renang di hotel ini juga bisa dipakai umum selain tamu hotel. Bayar tiket masuk dan ada pintu khusus sih. Kolam renangnya jadi rame sepanjang hari dari pagi sampai malam. Untung posisi kamar saya di lantai 3 dan gak terlalu dekat dengan kolam renang. Kalo iya mah, yang ada bakal keberisikan suara dari kolam renang. Tepat di depan kolam renang memang ada bangunan baru 2 lantai yang difungsikan sebagai kamar-kamar juga. Anyway, kolam renangnya pas malam hari bagus deh. Banyak lampu-lampu jadinya terang dan tentu aja bikin makin rame.

Saya tadinya mau berendam setelah magrib atau makan malam lah biar agak sepi. Eh, menjelang malam malah makin rame dong. Jam sembilan malam atau setengah sepuluh baru pada bubar. IMHO kalau di sini enaknya memang berendam malam hari atau subuh deh. Karena air panasnya beneran panas banget. Untuk tamu hotel bebas mau berenang jam berapa saja. Di pinggir kolam renang ada stand-stand jual makanan dan kafe kecil. Tau aja sih kalau abis berenang suka pada kelaparan.

Soal pelayanan hotel, menurut saya oke lah. Proses check-in cepat dan langsung ada petugas yang bantu bawain barang dari parkiran ke kamar. Staff-nya cukup ramah dan sopan kalem khas Sunda deh. Parkiran mobil sempit dan pas-pasan sih tapi selalu ada satpam yang atur. Ketika mau check-out mobil pun udah dicuci dan dilap sampai kinclong. Kirain ini bagian dari servis hotel dan tinggal kasih tips seikhlasnya. Eh pas dikasih 10rb gak mau minta 20rb. Ya sudahlah buat saya it’s not a big deal tapi buat yang lain bisa jadi berasa kayak ‘digetok’ ya.

Alhamdulillah, hotel ini sih cukup memenuhi ekspektasi saya. Gak nyesel dan very recommended. Kalaupun ada yang kurang-kurang ya namanya pun tak ada gading yang tak retak kan?

Hotel Tirtagangga
Jl. Raya Cipanas no. 130
Tarogong, Cipanas, Garut
Telp. 0262-232549 , SMS/WA 0813 23797557
www.tirtaganggahotel.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s