Bolu Ketan Hitam Kukus

Gegara pernah dikasih bolu ketan hitam sama tetangga, akhirnya jadi penasaran pengen nyobain sendiri bikin bolu ketan hitam. Nggak perlu oven, cukup dikukus dan ternyata bikinnya gampang #songooong dan hasilnya enaaak..Btw, ini resepnya saya dapatkan diii…bungkus tepung ketan hitamnya 😛

Bahan:

  • 250 gr tepung ketan hitam
  • 250 gr gula pasir (kalau buat saya takaran gula segini terlalu manis,next time kalau bikin lagi mau dikurangi aja)
  • 6 butir telur
  • 1 gelas (250 cc) minyak sayur
  • ½ sdm TBM (pengembang kue) saya pakai merek Ko*p*e- Ko*p*e

Cara Membuat:

  • Siapkan dan panaskan dandang untuk mengukus.
  • Kocok gula pasir, TBM dan telur sampai mengembang, kira-kira 15 menit.
  • Kecilkan mixer, masukkan tepung ketan hitam dan minyak sayur.
  • Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dioles minyak sayur.
  • Kukus sampai matang, siap disikat habis disajikan.

Tuh kan..gampang kok bikinnya 🙂

Note:

Bolu ketan hitam ini teksturnya agak ‘berat’ dan tidak terlalu mengembang, nggak seperti bolu dari tepung terigu.

Kering Kentang

Kalau lagi travelling atau tinggal jauh dari keluarga (baca:jadi anak kos) memang enak kalau punya stok lauk pauk kering. Tinggal cari nasi panas doang nih 😛 Salah satunya ya kering kentang ini. Jujur aja saya baru pertama kali ini nyoba bikin kering kentang sendiri karena males iris2 kentangnya, sebelumnya beli jadi atau paling bikin kering tempe.

Bahan:

  • 1 kg kentang, kupas, potong2 seperti korek api, rendam di air
  • kacang tanah sangrai (sesuai selera)

Bumbu yang dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10-15 buah cabe keriting (atau bisa juga diganti cabe giling)
  • garam
  • gula asir
  • ½ sdm cuka

Cara membuat:

  1. Goreng kentang yang sudah diiris-iris sampai kering. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masak sampai matang dan berbentuk seperti paste.
  3. Masukkan irisan kentang yang sudah digoreng + kacang tanah. Aduk sampai bumbu merata.
  4. Tunggu sampai dingin, lalu simpan di toples kedap udara. Kering kentang siap dimakan pakai nasi panas 😛

Note:

  1. Kentang kalau digoreng jadi menyusut. Paling jadinya tinggal setengah dari sebelum digoreng.
  2. Kalau males iris kentang seperti korek api, bisa saja diiris tipis bulat seperti keripik kentang atau seperti keripik kentang untuk soto yang berbentuk seperempat lingkaran. Kalau digoreng bisa tetap crispy kok 🙂
  3. Yang agak tricky itu pas memasukkan kentang ke bumbu. Agak ribet pas ngaduk biar bumbunya merata.

Home made Risoles isi Daging Asap

Weekend di rumah di tanggal tua emang suka memunculkan ide2 membuat cemilan murah meriah ya…Weekend akhir April lalu saya iseng2 bikin risoles isi daging asap. Nyobain alias icip-icip-nya sih sering dan sekarang penasaran gimana cara bikinnya…Resepnya saya nyontek dari buku resep..

Bahan kulit:

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 ½ sdt garam
  • 300 cc susu cair
  • 2 butir telur
  • 75 gr mentega dilelehkan

 Bahan isi:

  • 5 lembar daging asap, iris tipis
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 2 butir telur rebus, potong2
  • 3 sdm mayonnaise

 Cara Membuat:

  1. Kulit: campur tepung terigu dan garam, tuangkan susu cair dan telur sedikit demi sedikit. Aduk sampai adonan licin, halus dan tidak bergumpal.
  2. Masukkan mentega leleh, aduk dan diamkan 30 menit.
  3. Panaskan wajan dadar, olesi dengan sedikit mentega. Tuang 1 sendok sayur adonan ke wajan dadar, ratakan dan tipiskan. Masak dengan api kecil sampai matang. Lakukan sampai adonan kulit habis. Sisihkan.
  4. Ambil selembar adonan kulit dadar, isi dengan mayonnaise, potongan daging asap, keju parut, potongan telur. Lipat seperti amplop. Lakukan sampai kulit dadar dan bahan isian habis.
  5. Celupkan risoles ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung panir.
  6. Goreng risoles ke dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

(untuk 12 buah)

Dan hasil risoles buatan saya adalaaahhh….

Kulitnya ketebelan 😦 Jadi lain kali kalau bikin kulit risoles dibuat setipis mungkin yak..klo soal rasa sih ya lumayanlaaah tapi karena saya pakai mayonaise yang original, jadi rasanya agak2 plain2 gimana gitu, mungkin lebih enak lagi kalo isiannya dibumbui sedikit garam, gula dan saos cabe…soal penampilan karena kulitnya ketebelan jadinya ukuran risolesnya agak raksasa hihihi..percobaan pertama baru setengah berhasil nih, next time better lah..:)

Cake Coklat

Resep ini saya dapat dari tante saya. Cake coklat yang murah meriah, gampang banget dibuatnya. Gak perlu pake oven dan gak pake mentega (mentega diganti minyak goreng). Rasanya manis sperti kue brownies tapi teksturnya seperti kue bolu. Pas banget buat cemilan di arisan atau kumpul2 keluarga.

Bahan:

  • Tepung terigu 300 gr
  • Telur 6 butir
  • Gula pasir 300 gr
  • Coklat bubuk 40 gr
  • Susu cair 250 cc
  • TBM 1 sdm
  • Vanili
  • Minyak goreng 125 cc

Cara membuat:

  • Campur terigu, vanili dan coklat bubuk, ayak, sisihkan
  • Kocok telur, gula dan TBM menggunakan mixer sampai mengembang (sekitar 20 menit)
  • Kecilkan power mixer, masukkan campuran terigu,vanili, coklat bubuk sedikit demi sedikit bergantian dengan susu cair. Aduk sampai rata
  • Terakhir, masukkan minyak goreng.
  • Masukkan adonan ke dalam cetakan (biasanya saya pake cetakan plastik yang untuk pudding itu loh)
  • Kukus selama sekitar 20 menit
  • Tunggu sampai dingin, keluarkan dari cetakan, potong-potong dan sajikan.

Note:

Takaran satu resep ini bisa buat 1 loyang besar + 1 loyang kecil