Umroh Preparation – Penambahan Nama di Paspor

Berhubung nama lengkap saya sesuai akte kelahiran memang cuma 2 kata, maka untuk keperluan umroh saya perlu mengurus penambahan nama di paspor menjadi 3 kata. Karena ya memang begitu persyaratan dari pemerintah Arab Saudi. Nama yang ditambahkan bisa nama ayah atau nama kakek dari pihak ayah. Kalau gak punya waktu dan pengen terima beres sih penambahan nama di paspor ini bisa diurus oleh travel tempat kita mendaftar umroh. Cuma kan kita anaknya pengen irit ya, jadi ya mari kita urus sendiri saja 😀

Dokumen yang perlu disiapkan sama seperti kalau kita mengurus pembuatan atau perpanjangan paspor: copy KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, ijazah, halaman depan dan belakang paspor yang masih berlaku. Bawa juga dokumen aslinya untuk diperlihatkan ke petugas di Kanim. Plus, jangan lupa bawa surat rekomendasi dari travel tempat kita mendaftar umroh. Kemarin saya sempat ditolak karena gak bawa surat rekomendasi dari travel. Terpaksalah datang ke travelnya minta surat rekomendasi dan balik lagi ke imigrasi. Penambahan nama ini bisa diurus di Kanim mana saja, nggak perlu di Kanim tempat diterbitkannya paspor.

Setelah dokumen lengkap, datanglah saya ke Kantor Imigrasi Jakarta Timur yang ada di sebelah Lapas Cipinang. Saya sampai sana jam setengah 7 pagi, masih kebagian parkir di dalam, tapi masyaAllah orang yang pada ngurus paspor udah banyak bok. Tanya ke petugasnya, ternyata kalau untuk penambahan nama gak perlu ambil nomor antrian, datang langsung aja ke bagian Customer Service di lantai 2. Tapi customer service ini baru buka jam 8, terpaksa saya nunggu bersama orang-orang lain yang akan ngurus paspor juga.

Continue reading

Advertisements

Pembuatan/Perpanjangan Paspor secara Online

Alhamdulillah, Jumat kemarin paspor saya akhirnya jadi juga. Alhamdulillah prosesnya pun lancar jaya gak ada hambatan. Sempet jiper juga pas mau ngurus paspor sendiri tanpa biro jasa ataupun calo. Memang sih dari hasil googling banyak yang berhasil dan merasa dimudahkan sekali dengan prosedur pengajuan pembuatan/perpanjangan paspor secara online ini. Tapi ya tetep aja deg-degan takut prosesnya gak selancar yang dibayangkan #cemen

Berikut ini langkah-langkah yang kemarin saya lakukan untuk pembuatan paspor secara online di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur :

Continue reading